Jumat 25 Mar 2016 16:27 WIB
PAUD dan SD Fatma Kenanga

Mencetak Generasi Berkarakter Islami dan Kreatif

Siswa-siswi PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu sedang menari.
Foto: dok- Paud Fatma Kenanga
Siswa-siswi PAUD Fatma Kenanga Kota Bengkulu sedang menari.

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Heri Ruslan

Setiap orang tua pasti mendambakan putra-putrinya menjadi generasi Rabbani. Tak hanya cerdas, namun juga menjadi pribadi saleh yang berwawasan maju, berbudi pekerti baik dan tentunya siap menghadapi perkembangan zaman.

Harapan itu hanya bisa diwujudkan apabila para orang tua memilih sekolah yang tepat bagi buah hatinya. "Sebaik-baik orang tua adalah yang mewariskan pendidikan terbaik bagi anaknya. Dengan ilmu itulah, anak akan memiliki bekal menghadapi tantangan zaman," ujar Ketua Yayasan Fatma Al Islami, Dr Heri Budianto Msi kepada Republika, Senin (21/3).

Guna memenuhi harapan para orang tua itu pula, Yayasan Fatma Al Islami menghadirkan Lembaga Pendidikan Fatma Al Islami, berupa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar Fatma Kenanga di Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu. Menurut Heri Budianto, lembaga pendidikan ini hadir sebagai syiar Islam, khususnya membentuk fondasi karakter anak berlandaskan  pada nilai-nilai Islam.

Menariknya, ide pemikiran dan implementasi pendirian PAUD dan SD Fatma Kenanga itu sebagai bukti kasih sayang seorang anak kepada ibundanya. Heri Budianto adalah  putra pertama Ibu Fatmawati, yang merupakan putra asli Bengkulu. Lembaga pendidikan yang didirikannya, merupakan bentuk sumbangsih bagi tanah kelahirannya.

"Sekolah ini diberi nama Fatma Kenanga merupakan gabungan nama ibu dan tanah kelahiran saya, yakni Kebun Kenanga," ungkap pria yang kini menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multi Media Universitas Mercu Buana Yogyakarta itu.

PAUD Fatma Kenanga mulai berdiri pada 11 Januari 2011. Sedangkan SD Fatma Kenanga menerima siswa angkatan pertama pada tahun ajaran 2015/2016. "Lembaga pendidikan ini diharapkan menjadi lembaga yang meletakkan dasar pendidikan agama Islam dalam mendidik murid-muridnya, sebagai  bekal  masa depannya," ucap doktor komunikasi politik ini.

Sejak lima tahun lalu PAUD Fatma Kenanga menawarkan beragam keunggulan untuk membangun karakter anak yang Islami dan kreatif. Kepala PAUD Fatma Kenanga, Herlin Rosdianti SPd AUD menuturkan, PAUD Fatma Kenanga membuka Taman Penitipan Anak untuk anak berusia 0-8 tahun, Toddler untuk anak usia 2-3 tahun, playgroup untuk anak usia 3-4 tahun, TK A untuk anak usia 4-5 tahun dan TK B untuk anak usia 5-6 tahun.

"Ada enam alasan mengapa orang tua di Kota Bengkulu memilih PAUD Fatma Kenanga bagi buah hatinya," tutur Herlin. Pertama, kata dia, sistem Small Class, maksimal 12 anak/kelas untuk TK A dan B, serta enam anak/kelas untuk kelompok belajar. Kedua, lanjut Herlin, pembelajaran difokuskan pada pembentukan perilaku melalui pembiasaan meliputi keagaamaan, kedisiplinan, pengendalian emosi dan perasaan serta kemmapuan bermasyarakat

"Ketiga, PAUD Fatma Kenanga menerapkan sistem pembelajaran sentra, yakni sentra persiapan, sentra main peran, sentra balok, sentra seni, sentra nahan alam dan sentra Imtaq," paparnya. Keempat, kata dia, PAUD ini menghadirkan family athmosfere, yakni guru yang selalu menggunakan bahasa yang ramah anak. Kelima, kata dia,  menanamakan 18 sikap Asmaul Husna. "Kami juga ada pendamping khusus untuk anak berkebutuhan khusus."

Dengan enam keunggulan itulah, papar Herlin, PAUD Fatma Kenanga memiliki misi meletakkan dasar dan membangun karakter anak berlandaskan nilai-nilai Islam. Selain itu  juga memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anak sebagai bekal pendidikan lanjutan, merangsang dan menumbuhkan kecerdasan social emosional, kecerdasan intelektual dan spiritual yang seimbang dan menumbuhkan dan membangun kreativitas anak dan mendorong anak tampil berani.

Tak hanya itu, kata Herlin, PAUD Fatma Kenanga juga memiliki sederet program penunjang berupa, peringatan hari besar nasional dan peringatan hari besar Islam, Shalat Dhuha, hafalan surat pendek, hadis dan doa sehari hari, outdoor class, home visit, puncak tema, dan renang.  Menurut Herlin, PAUD Fatma Kenanga juga mendukung program pengembangan minat dan bakat para siswa, melalui menari, menggambar, mewarnai, musik tradisional serta futsal.

Semua kegiatan itu, kata dia, dilakukan para siswa di lingkungan yang bersih, sehat, dan aman.  "Ruang kelas yang nyaman dan  playground yang luas membuat anak-anak semakin betah belajar dan bermain di PAUD ini," kata Herlin. Selain itu, juga dilengkapi dengan UKS, perpustakaan dan mushalla. Tak berlebihan jika PAUD ini memiliki semboyan "fun, safe, health, and family athmosfere".  Menurut Herlin, keunggulan lain dari PAUD  Fatma Kenanga diasuh oleh tenaga pengajar terdiri dari lulusan S1 PAUD yang mempunyai loyalitas dan kompetensi di bidang PAUD.

SD Fatma Kenanga

Sejak tahun lalu, Yayasan Fatma Al Islami juga telah menghadirkan sekolah dasar unggulan, yakni SD Fatma Kenanga. Kepala SD Fatma Kenanga Amnalia Agustina SPi  mengatakan, SD Fatma Kenanga adalah lembaga pendidikan yang bertujuan sebagai syiar Islam, khususnya untuk membentuk fondasi karakter anak berlandaskan nilai-nilai Islam.

Meski usianya masih belia, namun kata Amnalia, SD Fatma Kenanga layak menjadi pilihan para orang tua. Alasannya, kata dia, sekolah ini menawarkan konsep small class, yakni satu kelas hanya terdiri dari 15 anak. Sehingga, lanjut dia, proses belajar dan mengajar menjadi lebih efektif. "Fokus pembelajaran pada karakter yang Islami," kata dia.

 

Selain itu, SD ini juga menghadirkan metode sentra dan moving class. Amnalia menambahkan, SD Fatma Kenangan juga menerima anak berkebutuhan khusus (ABK) dengan shadow teacher. "Kami juga menanamkan 18 sikap asmaul husna kepada para siswa," tutur Amnalia.

SD Fatma Kenanga, lanjut dia, menawarkan sejumlah keunggulan, yakni berusaha agar setiap siswa memiliki kemampuan, hafal Alquran, rajin beribadah dan belajar dengan  kesadaran, membiasakan membaca Alquran setiap hari dengan baik dan benar, hafal hadis dan doa sehari-hari, santun dalam bertutur kata dan berperilaku, terampil dalam membaca, menulis dan berkomunikasi, serta terbiasa melakukan pola hidup bersih dan sehat, mandiri dan bertanggung jawab.

Sekolah dasar ini juga menghadirkan program penunjang, berupa parenting education, shalat Dhuha dan Zhuhur berjamaah, tahsin/tahfiz, makan bersama, kunjungan edukasi sesuai tema, fun cooking dan market day, home visit, berkebun, dan kunjungan sosial.  Para siswa juga memiliki beragam pilihan program ekstrakulikuler yang akan menjadikan mereka sebagai generasi yang kuat. "Program ekstrakulikuler itu antara lain memanah, berenang, taekwondo, musik dol, dan pramuka," kata  Amnalia.

Lembaga Pendidikan Fatma Kenanga, baik PAUD maupun SD, kata Heri Budianto, berkomitmen untuk mengantarkan tumbuh kembang anak secara utuh dan optimal baik dari sisi  jasadiyah, intelektual (IQ), spiritual (SQ), dan mental emosional(EQ) untuk menjadi generasi terbaik.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement