Kamis 28 Jul 2016 16:35 WIB

Mendikbud Muhadjir Ungkap Sejumlah Ide Pendidikan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Andi Nur Aminah
Muhadjir Effendy
Foto: dokrep
Muhadjir Effendy

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muhadjir Effendy terpilih menggantikan posisi Anies Baswedan sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) sejak Rabu (27/7). Hari pertama kerja pun sudah dimulainya sejak pukul 07.00 WIB Kamis (28/7).

Untuk memulai kerjanya, Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini mengikuti rapat pimpinan (rapim) dengan sejumlah pejabat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB ini kemudian dilanjutkan dengan acara inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah ruangan kerja. Seperti di ruangan Pusat Pengembangangan Perfilman di lantai 18 Gedung C, Kemendikbud.

Setelah berkeliling mengamati dan berkenalan dengan pegawai sekitar, Muhadjir mulai mengunjungi kantin di Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemendikbud. Tepat pada pukul 13.00 WIB, dia pun mulai mengungkapkan ide-ide pendidikannya sebagai Mendikbud baru kepada wartawan yang hadir di lokasi. "Ini baru ide saja," tegas Muhadjir.

Pendidikan vokasi dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) menjadi dua program yang sangat ditekankan Presiden Joko Widodo. Dalam pandangannya, pendidikan vokasi memang perlu difokuskan demi meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia. Kemendikbud sendiri menjadi sektor hulu yang perlu terlibat dalam masalah tenaga kerja ini.

“Di SMK nanti akan seperti apa? Kita siapkan tenaga terampil yang semakin bervariasi merespons kebutuhan pasar yang juga semakin beragam. Misalnya, kita bentuk SMK perfilman dengan berbagai macam jenis keterampilan yang dibutuhkan industri film,” kata Muhadjir yang siang itu mengenakan baju putih dan celana hitam di Kantin Itjen Kemendikbud, Jakarta, Kamis (28/7).

Dia juga menyontohkan SMK kelautan yang fokusnya dari budidaya ikan, konservasi, pengolahan hasil laut dan sebagainya. Di samping itu, dia juga mengingatkan siapa pun yang hendah mendirikan SMK lebih baik menyesuaikan dengan kebutuhan lapangan. Dengan kata lain, perlu membuat sekolah yang distribusi di lapangannya mencukupi. “Kita jangan bikin sekolah yang enggak cocok dengan lapangan kerja,” ujarnya.

Berkenaan ketersediaan guru, menurut dia, saat ini telah ada guru yang mengikuti Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). “Pengalaman mereka dapat jadi kredit poin yang setara dengan kompetensinya,” kata dia.

(Baca Juga: Ini Tantangan Mendikbud yang Baru)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْتَفْتُوْنَكَۗ قُلِ اللّٰهُ يُفْتِيْكُمْ فِى الْكَلٰلَةِ ۗاِنِ امْرُؤٌا هَلَكَ لَيْسَ لَهٗ وَلَدٌ وَّلَهٗٓ اُخْتٌ فَلَهَا نِصْفُ مَا تَرَكَۚ وَهُوَ يَرِثُهَآ اِنْ لَّمْ يَكُنْ لَّهَا وَلَدٌ ۚ فَاِنْ كَانَتَا اثْنَتَيْنِ فَلَهُمَا الثُّلُثٰنِ مِمَّا تَرَكَ ۗوَاِنْ كَانُوْٓا اِخْوَةً رِّجَالًا وَّنِسَاۤءً فَلِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْاُنْثَيَيْنِۗ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اَنْ تَضِلُّوْا ۗ وَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ ࣖ
Mereka meminta fatwa kepadamu (tentang kalalah). Katakanlah, “Allah memberi fatwa kepadamu tentang kalalah (yaitu), jika seseorang mati dan dia tidak mempunyai anak tetapi mempunyai saudara perempuan, maka bagiannya (saudara perempuannya itu) seperdua dari harta yang ditinggalkannya, dan saudaranya yang laki-laki mewarisi (seluruh harta saudara perempuan), jika dia tidak mempunyai anak. Tetapi jika saudara perempuan itu dua orang, maka bagi keduanya dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Dan jika mereka (ahli waris itu terdiri dari) saudara-saudara laki-laki dan perempuan, maka bagian seorang saudara laki-laki sama dengan bagian dua saudara perempuan. Allah menerangkan (hukum ini) kepadamu, agar kamu tidak sesat. Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

(QS. An-Nisa' ayat 176)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement