Rabu 22 Feb 2017 14:39 WIB

Pendidikan Kewirausahaan Dinilai Penting Diajarkan Sejak SD

Wirausahawan (Ilustrasi)
Foto: Inspiremymagazine.com
Wirausahawan (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Pengamat Ekonomi Sulut Robert Winerungan mengatakan pemerintah perlu mengeluarkan kebijakan di bidang pendidikan tentang pentingnya mata pelajaran kewirausahaan diajarkan mulai sekolah dasar (SD).

"Pendidikan kewirausahan harus diberikan sejak anak masih sekolah dasar, sehingga jiwa pengusahanya cepat muncul," kata Robert di Manado, Rabu (22/2).

Malah, kata dia, akan lebih baik bila pendidikan kewirausahaan ditanamkan sejak sekolah dasar hingga perguruan tinggi. "Karena jika telah dilatih sejak kecil maka jiwa kewirausahaannya akan lebih kuat, sehingga saat lulus menjadi sarjana bisa membuka lapangan kerja sendiri," katanya.

Sementara dalam kenyataan, banyak lulusan sarjana tidak punya pekerjaan, dan tidak ada alternatif untuk berwira usaha karena tidak dibekali kewirausahaan.

"Karena itu, pendidikan kewirausahaan harus diajarkan sejak dini, agar ketika selesai studi, mereka sudah siap membuka usaha," paparnya.

Semakin banyak yang membuka lapangan pekerjaan, katanya, otomatis angka pengangguran akan semakin sedikit di Sulut.

Kepala Sekolah SMA Negeri Kakas Nachson Kantale memotivasi siswa menjadi enterpreneur muda. "Terus memberikan motivasi kepada anak didik agar menjadi pelaku usaha yang handal dan mampu memberikan dampak positif bagi banyak orang," katanya.

Dia mengatakan sejak dini para anak didik akan dilatih juga membindangi usaha tertentu, diantaranya bercocok tanam, maupun industri rumah tangga lainnya.

Di akhir tahun 2016, anak didik melakukan produksi kue kering dan dijual menjelang Natal dan Tahun Baru. Dan saat ini, kata Kantale, sementara melakukan panen cabai rawit hasil usaha anak-anak didik dan diharapkan hasilnya mampu membantu masyarakat mendapatkan dengan harga lebih rendah.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement