Kamis 13 Jul 2017 12:31 WIB

Di Depan Siswa-Siswi Baru SMA, Sandi: Hayati Pancasila

Rep: Mas Alimi Huda/ Red: Agus Yulianto
Sandiaga Salahudin Uno.
Foto: Dokumen
Sandiaga Salahudin Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno menjadi pembicara dalam acara masa orientasi siswa (MOS) SMA Lab School Rawamangun, Jakarta. Dalam paparannya, Sandi menekankan pentingnya generasi muda untuk menghayati makna Pancasila, dan tak sekedar menghafalnya.

"Kita ingin generasi ke depan tidak hanya berteriak 'saya Indonesia', 'saya Pancasila', tetapi mengenali sejarah pengorbanan pahlawan dan bagaimana menghayati Pancasila itu sendiri," kata Sandi di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (13/7).

Menurutnya, menumbuhkan jiwa-jiwa Pancasila harus mengenali dasar negara itu sendiri. Lahirnya Pancasila, tak lepas dari perjalanan panjang sejarah bangsa. Jika pemuda tidak mengenal sejarah dan perjuangan para pahlawannya, kata Sandi, hampir tak mungkin anak-anak muda akan bangga menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

Sandi terus memotivasi siswa-siswi SMA kelas X tersebut. Ia mengajak mereka tak takut bermimpi mewujudkan cita-cita. Semuanya punya kesempatan yang sama untuk bisa berbuat lebih banyak memberi sumbangsih kepada bangsa. Sandi juga berharap, siswa-siswi SMA terus mengasah kemampuan dalam memberi solusi terhadap permasalahan bangsa.

"Banyak yang mengeluh lapangan kerja melambat dan sulitnya mencari kerja. Ini kesempatan peluang untuk memulai usaha menjadikan program yang memastikan lapangan kerja bisa diciptakan dan anak muda kita dapat mengisi pembangunan akar rumput dan menjadi pemenang, bukan jadi penonton," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement