Sabtu 15 Jul 2017 05:01 WIB

PPDB Yogya Tahun Ini Dinilai Lebih Baik

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi
PPDB Online
Foto: Siap-ppdb.com
PPDB Online

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Beberapa persoalan dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) daring sempat terjadi di beberapa daerah. Salah satunya sempat terjadi di salah satu SMA di Yogyakarta, meskipun persoalan itu ternyata hanya disebabkan oleh kesalahpahaman.

Koordinator Pemantauan dan Investigasi dari Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta, Baharudin Kamba mengatakan, setiap tahun, PPDB memang berpotensi menimbulkan persoalan. "Sistem online memang dapat meminimalisir permasalahan, namun celah penyalahgunaan masih ada," ujar Baharudin kepada Republika, Jumat (14/7).

Untuk memastikanya, ia pun melakukan pemantauan secara langsung di beberapa sekolah di Kota Yogya. Dari hasil pemantauan yang ia lakukan, ia menilai, PPDB di Yogya tahun ini jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. "Tahun ini semua berjalam lancar. Kami juga tidak menemukan adanya kecurangan yang berarti," kata dia.

Meskipun, ia sempat menemukan adanya oknum di Sleman yang meminta pungutan liar (pungli) kepada calon siswa. Namun ternyata oknum itu tidak jadi melakukan aksinya.