Senin 29 Oct 2018 11:40 WIB

Kemendikbud Gelontorkan Dana Renovasi SD

Kemendikbud menggelontorkan anggaran sebesar Rp100,13 miliar

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
 Kondisi sekolah SD yang rusak  / Ilustrasi
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Kondisi sekolah SD yang rusak / Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan bantuan sarana prasarana dalam program pembangunan unit sekolah baru (USB) dan renovasi Sekolah Dasar di Tahun 2018. Bantuan diberikan sebagai upaya peningkatan mutu di lembaga pendidikan.

Khusus untuk SD, tahun ini, Kemendikbud menggelontorkan anggaran sebesar Rp100,13 miliar, untuk membangun 15 USB dengan anggaran Rp 32,94 miliar dan merenovasi 53 SD rujukan dan SD lainnya yang sangat prioritas di berbagai wilayah Indonesia dengan anggaran Rp 67,19 miliar.

"Dengan kebijakan zonasi kami harap melalui sekolah-sekolah terpilih di zonanya itu, secara bertahap akan kami benahi melalui renovasi. Mudah-mudahan nanti sekolah ini dalam rangka meningkatkan mutunya bisa mengimbaskan kepada SD yang lain," ujar Direktur Pembinaan SD, Kemendikbud, Khamim melalui pesan tertulis, Senin (29/10).

Khamim menegaskan Pemerintah ingin memastikan bangunan sekolah yang dibangun berkualitas baik, aman, dan nyaman digunakan untuk proses pembelajaran oleh seluruh warga sekolah. Selain itu, agar penggunaan anggarannyapun sesuai dengan perencanaan sehingga akuntabilitas pelaporan keuangannya dapat tercapai.