Kamis 09 May 2019 16:03 WIB

Disdik Depok Rencanakan Buat Aplikasi Data Pendidikan

Data pendidikan yang akan dipublikasikan bersifat umum yang perlu diketahui publik.

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto
Pengumuman
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Pengumuman "Penerimaan Jalur 'Optimalisasi' Sudah Penuh" terpasang di gerbang sekolah SMAN 3 Depok, Jawa Barat, Jumat (8/8/14) (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok berencana membuat aplikasi memuat seluruh data pendidikan yang perlu diketahui publik. Guna merealisasikan rencana tersebut, Disdik Depok menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok dan Tim Smart City (SC) Kota Depok.

"Saat ini gagasan tersebut masih dalam tahapan awal, masih melakukan diskusi bersama lembaga terkait dan baru saling menyamakan persepsi," ujar Kepala Disdik Depok, Mohammad Thamrin, di Balai Kota Depok, Rabu (8/5).

Thamrin menjelaskan, diskusi masih seputar jajak pendapat. Satu sama lain mengutarakan apa yang diinginkan dan diperlukan dalam mengintegrasikan data tersebut. Data pendidikan yang akan dipublikasikan bersifat umum yang perlu diketahui publik. Contohnya, seperti rata-rata nilai ujian sekolah se-Kota Depok atau pelajar yang memiliki nilai tertinggi.

"Alasan memunculkan rata-rata nilai ujian sekolah ini dikarenakan salah satu indikator dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Depok, yakni memunculkan rata-rata nilai ujian sekolah. Untuk itu, dengan integrasi, data-data yang diinput dari masing-masing sekolah tersaji secara cepat tanpa proses pengolahan kembali," jelas Thamrin.