Rabu 02 Oct 2019 15:41 WIB

SD Muhammadiyah Condongcatur Masuk Nominator Sekolah Sehat

Tim juri berkunjung untuk meninjau dan verifikasi SD Muhammadiyah Condongcatur.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi Anak Sekolah
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Anak Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Sir Muslimatun baru saja menerima Tim Juri Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional 2019. Mereka hendak melakukan verifikasi dan meninjau penerapan perwujudan sekolah sehat di SD Muhammadiyah Condongcatur.

Tim Juri disambut meriah bergodo-bergodo SD Muhammadiyah Condongcatur dan sejumlah pertunjukan mulai kuda lumping, pantonim, kampanye bebas asap rokok oleh dokter kecil sampai simulasi P3K.

Baca Juga

Semua diperagakan siswa-siswa SD Muhammadiyah Condongcatur. Sri berharap, dipilihnya sebagai nominator mewakili DIY dapat mendorong sekolah-sekolah lain mewujudkan sekolah yang sehat dan berkarakter.

Bagi SD Muhammadiyah Condongcatur, Sri berharap evaluasi bisa menjadi acuan selalu meningkatkan kualitasnya di dunia pendidikan. Sehingga, mereka akan terus melahirkan inovasi-inovasi.

"Dan, meningkatkan mutu sekolah baik dari segi akademik maupun non akademik," kata Sri, Selasa (1/10).

Ia menekankan, itu sejalan dengan upaya-upaya Sleman untuk mewujudkan kabupaten yang ramah anak. Sri menilai, pendidikan pola hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak dini dan dibiasakan ke anak-anak.

"Terbiasa dengan pola hidup bersih dan sehat, dimulai dari hal kecil misal mencuci tangan yang benar sebelum makan, hingga mengerti harus makan-makanan yang sehat," ujar Sri.

Ketua Tim Juri Lomba Sekolah Sehat, Achyar menuturkan, untuk DIY sudah terpilih dua sekolah untuk menjadi nominator. Selain SD Muhammadiyah Condongcatur, ada SMK Negeri 1 Bantul.

Achyar menilai, masuknya SD di Kabupaten Sleman sebagai nominator akan menambah persaingan yang sehat di DIY. Sekaligus, ini akan menjadi barometer sekolah sehat di DIY.

"Tentu sekolah lainnya harus meniru dan berlomba–lomba untuk mewujudkan sekolah sehat," kata Achyar.

Kategori Lomba Sekolah Sehat 2019 sendiri meliputi Best Performance, Best Achievement dan Penguatan Pendidikan Karakter. Penilaian terkait kondisi lingkungan belajar normal, baik secara jasmani maupun rohani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement