Kamis 31 Oct 2019 19:19 WIB

Ombudsman: Pembangunan Gedung Sekolah Juga Penting

Tiap tahun selalu masuk keluhan masyarakat mengenai sistem zonasi.

Red: Fernan Rahadi
Gedung Sekolah
Gedung Sekolah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ombudsman meminta kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim untuk memperhatikan perbaikan dan juga pembangunan gedung sekolah yang masih kurang, hal ini untuk menjalankan kebijakan zonasi dan melengkapi fasilitas sekolah, seperti komputer dan internet, apalagi untuk daerah terpencil dan desa termasuk juga kawasan tertinggal, terdepan dan terluar (3T). 

"Jadi bukan hanya pendidikan digital saja tetapi juga perlu diperhatikan fasilitas dan prasarana sekolah,"  ujar Anggota Ombudsman, Ahmad Suadi, di Jakarta, Kamis (31/10). 

Ombudsman selama ini menampung keluhan dari masyarakat, soal kebijakan penerimaan siswa baru dengan sistem zonasi. Menurut Ahmad Suadi, tiap tahun selalu masuk keluhan masyarakat mengenai sistem zonasi. 

Ahmad Suadi menambahkan, tidak hanya sistem zonasi. Masyarakat mengeluh dengan kebijakan pemerintah yang memaksa siswa untuk melakukan ujian nasional menggunakan komputer, pada siswa yang sekolahnya belum punya fasilitas komputer atau didaerah terpencil yang belum ada jaringan internet sehingga siswa dari daerah terpencil harus menumpang ke sekolah lain untuk melaksanakan ujian nasional.