Kamis 27 Feb 2020 05:43 WIB

Nadiem Ingin Kebudayaan yang Ofensif, Bukan Defensif

Nadiem menargetkan minimal tahun depan budaya Indonesia tampil di panggung dunia.

Red: Ratna Puspita
Mendikbud Nadiem Makarim
Foto: Antara/Rivan Awal Lingga
Mendikbud Nadiem Makarim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan perlu upaya dalam mengubah paradigma kebudayaan dari defensif menjadi ofensif. Dia menargetkan jika tidak pada tahun ini maka pada 2021 setidaknya budaya Indonesia akan tampil di panggung dunia. 

"Kami ingin mengubah paradigma kebudayaan dari yang defensif, yang dijaga tanpa dinikmati dan berpartisipasi menjadi budaya yang ofensif. Bukan sekadar menunjukkan budaya kita, tapi tampil di panggung budaya," ujar Nadiem pada pembukaan Rakornas Kebudayaan di Jakarta, Rabu malam.

Baca Juga

Untuk itu, perlu adanya inovasi. "Tidak harus tampil di panggung di luar negeri, tapi bisa menghadirkan kegiatan internasional yang digabung bersama dengan budaya kita," tambah dia.

Nadiem menambahkan penting memandang budaya sebagai bagian dari seni dan aktivitas keseharian masyarakat. Ia memberikan contoh mengapa Bali dan Yogyakarta menjadi destinasi wisata. Hal itu tak lain karena kebudayaan yang ditonjolkan dan banyak membuat wisatawan ingin datang ke sana.