Kamis 19 Nov 2015 16:10 WIB

SDN Pondok Labu 02 Pagi Punya 35 Dokter Kecil

Red: Andi Nur Aminah
Dokter Kecil dari SDN Pondok Labu 02 Pagi.
Foto: Andi Nur Aminah/Republika
Dokter Kecil dari SDN Pondok Labu 02 Pagi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menjadi dokter. Profesi yang satu ini menjadi salah satu jawaban terbanyak dari anak-anak saat ditanya jika besar ingin menjadi apa. Boleh jadi, itulah yang terbayang di benak sedikitnya 35 siswa SDN Pondok Labu 02 Pagi yang dilantik menjadi dokter kecil. 

Ke 35 anak ini, Kamis (19/11) telah resmi dilantik menjadi dokter kecil. Mereka mengenakan baju putih dengan model yang mirip pakaian khas seorang dokter saat mengikuti upacara pelantikan dokter kecil se Kecamatan Cilandak, yang berlangsung di SDN Pondok Labu 07.  

Sebanyak 35 siswa SDN Pondok Labu 02 Pagi ini, menjadi bagian dari pelantikan 649 dokter kecil yang dilantik oleh Kepala Kantor Kecamatan Cilandak Dhany Sukma. AM Zaki Fajar, salah satu siswa yang dilantik menjadi dokter kecil mengaku sangat senang dengan kegiatan ini.

Siswa kelas V-A ini mengaku kalau besar ingin menjadi dokter. "Aku mau jadi dokter kecil sekarang, karena kalau besar cita-citaku mau jadi dokter, seperti tanteku," ujar Zaki. 

Kepala Sekolah SDN Pondok Labu 02 Pagi Sri Budiarti mengatakan, siswa yang berminat untuk kegiatan eksta kurikuler dokter kecil hanya 35 anak. "Mereka siswa dari kelas 3, kelas 4 dan kelas 5," ujar Sri. 

Kehadiran dokter kecil di sekolah tersebut, Sri mengatakan, diharapkan bisa meningkatkan kesadaran siswa untuk lebih membudayakan hidup sehat, sekolah lebih bersih, dan anak-anak yang sakit ringan bisa ditangani oleh rekan-rekannya yang menjadi dokter kecil. 

Sri mengatakan, untuk menunjang kegiatan dokter kecil di SD yang dipimpinnya, sekolah telah menyiapkan beberapa fasilitas pendukung. Misalnya ruang UKS, perlengkapan P3K, alat ukur tinggi badan dan timbangan badan. "Semoga anak-anak kita yang menjadi dokter kecil ini, nanti bisa menjadi dokter sungguh kalau sudah besar nanti," ujarnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement