Ahad 09 Sep 2018 18:36 WIB

Apindo Berharap Indonesia Tambah Kerja Sama Dagang

Kerja sama membantu meningkatkan daya saing produk lokal.

Rep: Ahmad Fikri Noor/ Red: Friska Yolanda
Pedagang menimbang bahan tekstil milik pembeli di sentra tekstil di kawasan Cipadu, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (25/7).
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Pedagang menimbang bahan tekstil milik pembeli di sentra tekstil di kawasan Cipadu, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (25/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bidang Hubungan Internasional dan Investasi Shinta Kamdani mendorong pemerintah untuk terus membuka jalur perdagangan ke destinasi nontradisional. Hal itu guna terus meningkatkan ekspor Indonesia dan memperbaiki neraca perdagangan.

Sebelumnya, Indonesia telah menyepakati perjanjian perdagangan bilateral dengan Australia dalam Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership (IA-CEPA). Menurut Shinta, kerja sama perdagangan yang perlu disasar selanjutnya adalah dengan Uni Eropa. 

"Setelah IA-CEPA, saat ini kita sedang ada negosiasi dengan beberapa negara. Tapi yang terutama itu adalah dengan Uni Eropa," kata Shinta ketika dihubungi Republika.co.id, Ahad (9/9). 

Shinta mengatakan, kerja sama perdagangan dengan Uni Eropa dapat membantu industri tekstil di Indonesia. Dia mengatakan, produsen membutuhkan perjanjian perdagangan agar produk tekstil Indonesia lebih kompetitif. Hal ini utamanya karena Vietnam sudah lebih dulu mengantongi perjanjian kerja sama dengan Uni Eropa. Selain Eropa, kata Shinta, Indonesia juga dapat menyasar negara-negara Afrika, Timur Tengah, dan juga Asia Selatan. 

Shinta mengatakan, hal yang perlu dicermati dalam mendorong ekspor adalah menciptakan produk yang memiliki daya saing. Dia mengatakan, produk yang dimiliki Indonesia tentu akan disandingkan dengan produk-produk negara lain. 

Oleh karena itu, menurut Shinta, kerja sama perdagangan dapat membantu meningkatkan daya saing produk Indonesia. Selain itu, kata Shinta, pengusaha juga berharap pada pemerintah untuk mendapat bantuan dalam mencari akses pasar. "Dengan pembukaan pasar dan mencari pembeli baru, produk-produk Indonesia bisa berkembang," katanya. 

Selain itu, pemerintah juga perlu mencermati akses pembiayaan. Hal ini terutama untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Shinta mengatakan, pengusaha kecil membutuhkan akses permodalan sehingga bisa menjadi eksportir yang unggul.

Kemudian, kata Shinta, pemerintah juga perlu memberikan pendampingan terkait pembangunan kapasitas. "Pelaku usaha Indonesia harus berkembang dengan packaging, branding, dan kualitas produksi yang konsisten," kata Shinta. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement