Senin 17 Sep 2018 11:04 WIB

Pernyataan Negatif Trump Bawa IHSG Melemah

Presiden Donald Trump menyatakan siap menekan ekonomi Cina dengan hukuman baru

Red: Nidia Zuraya
IHSG Melemah. Layar besar menunjukan pergerakan harga saham di Jakarta. ilustrasi
Foto: Republika/ Wihdan
IHSG Melemah. Layar besar menunjukan pergerakan harga saham di Jakarta. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada awal pekan ini dibuka melemah 22,85 poin. Analis menilai pelemahan IHSG dipicu pernyataan negatif Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

IHSG dibuka melemah 22,85 poin atau 0,39 persen menjadi 5.908,42. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau indeks LQ45 bergerak turun 5,67 poin atau 0,61 persen menjadi 931,19.

Kepala Riset valbury Sekuritas, Alfiansyah mengatakan bahwa pernyataan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang pesimistis atas pertemuan AS dan Cina membuat investor kembali tidak nyaman sehingga menahan laju IHSG. "Hal itu memberatkan IHSG untuk melaju ke area positif," katanya di Jakarta, Senin (17/9).

Ia mengemukakan pernyataan yang pesimistis itu dapat membuat pejabat Cina juga meragukan pertemuan atas undangan AS sehingga sulit menemui titik terang. Di sisi lain, Trump juga menyatakan siap menekan ekonomi Cina dengan hukuman baru.

Sementara itu, Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada mengharapkan sentimen dari disepakatinya asumsi dasar ekonomi makro dalam RAPBN 2019 dalam rapat kerja Komisi XI DPR RI dengan pemerintah dan Bank Indonesia direspon positif investor.

"Sentimen positif domestik ini diharapkan dapat mengimbangi sentimen negatif eksternal," katanya.

Ia memaparkan dalam asumsi RAPBN 2019 itu di antaranya menyepakati asumsi kurs sebesar Rp 14.400 per dolar AS. Pertumbuhan ekonomi sebesar 5,3 persen, dan inflasi 3,5 persen.

Bursa regional, di antaranya indeks Nikkei naik 273,35 poin (1,20 persen) ke 23.094,67, indeks Hang Seng melemah 484,66 poin (1,78 persen) ke 26.801,75, dan indeks Strait Times melemah 23,51 poin (0,75 persen) ke posisi 3.138,41.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَاِذْ زَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطٰنُ اَعْمَالَهُمْ وَقَالَ لَا غَالِبَ لَكُمُ الْيَوْمَ مِنَ النَّاسِ وَاِنِّيْ جَارٌ لَّكُمْۚ فَلَمَّا تَرَاۤءَتِ الْفِئَتٰنِ نَكَصَ عَلٰى عَقِبَيْهِ وَقَالَ اِنِّيْ بَرِيْۤءٌ مِّنْكُمْ اِنِّيْٓ اَرٰى مَا لَا تَرَوْنَ اِنِّيْٓ اَخَافُ اللّٰهَ ۗوَاللّٰهُ شَدِيْدُ الْعِقَابِ ࣖ
Dan (ingatlah) ketika setan menjadikan terasa indah bagi mereka perbuatan (dosa) mereka dan mengatakan, “Tidak ada (orang) yang dapat mengalahkan kamu pada hari ini, dan sungguh, aku adalah penolongmu.” Maka ketika kedua pasukan itu telah saling melihat (berhadapan), setan balik ke belakang seraya berkata, “Sesungguhnya aku berlepas diri dari kamu; aku dapat melihat apa yang kamu tidak dapat melihat; sesungguhnya aku takut kepada Allah.” Allah sangat keras siksa-Nya.

(QS. Al-Anfal ayat 48)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement