Rabu 19 Sep 2018 15:49 WIB

Peneliti Hasilkan Tipe Kepribadian Baru

empat tipe kepribadian antara lain rata-rata, pendiam, egois, dan teladan.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
orang tua umumnya memiliki kepribadian teladan
Foto: Telegraph
orang tua umumnya memiliki kepribadian teladan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tes kepribadian amat mudah kita temukan pada majalah wanita ataupun buku-buku pengembangan diri atau buku motivasi. Sayangnya bagi ilmuwan, tes kepribadian bukanlah hal menarik karena tidak ada yang pasti dari hal tersebut.

Akan tetapi sebuah studi baru, diterbitkan dalam Nature Human Behavior memberikan bukti ada kepribadian. Studi itu menyatakan setidaknya empat tipe kepribadian, rata-rata, pendiam, egois, dan teladan. 

Masing-masing kepribadian didasarkan pada sejauh mana orang menampilkan lima karakter utama yang berbeda, termasuk neurotisisme, extraversion, keterbukaan, keramahan, dan ketelitian."Sepertinya ciri-ciri kepribadian sangat diterima dengan baik dan didirikan di psikometri, namun, tipe kepribadian tidak," kata rekan penulis studi Luis Amaral, dikutip dari Time, Rabu (19/9).

Profesor teknik kimia dan biologi di Northwestern University dan rekan postdoctoral Martin Gerlach menyaring 1,5 juta tanggapan ke empat survei kepribadian yang berbeda dari pengambil kuis dari segala usia dari seluruh dunia. Pasangan ini menggunakan algoritma untuk mengurutkan tanggapan ke dalam kelompok yang berbeda dan menemukan empat tipe kepribadian yang muncul di semua empat dataset survei dengan frekuensi yang tidak proporsional.

Sebagian besar orang, Gerlach mengatakan, akan melacak paling dekat dengan tipe kepribadian rata-rata, yang cukup menyenangkan dan teliti, cukup extraverted dan neurotik, namun, tidak terlalu terbuka. Sementara itu, tipe yang berpusat pada diri sendiri alias egosentris mendapatkan skor di bawah rata-rata pada keterbukaan, kesetujuan dan kesungguhan, namun, tinggi pada ekstraversi.

Profesor psikologi Northwestern William Revelle cukup tertarik dengan hasilnya untuk mengubah pikirannya. "Ada kepadatan yang lebih tinggi daripada yang Anda harapkan secara kebetulan, dan itulah yang meyakinkan orang-orang ini," kata Revelle.

Revelle mengibaratkan hasil untuk melihat peta populasi Amerika Serikat. Meskipun orang-orang tinggal di seluruh negeri, sangat mudah untuk menemukan daerah-daerah dengan kepadatan tinggi seperti New York City, Los Angeles, dan Chicago, yang masing-masing memiliki lebih banyak orang daripada, Cleveland atau Tallahassee.

Gerlach mengatakan, tidak mungkin untuk mengatakan dengan tepat berapa banyak orang yang cocok dalam setiap kategori, karena menggambar batas-batas yang sulit di sekitar mereka. Selain itu, karakter orang dapat berubah seiring bertambahnya usia. 

Contoh saja anak muda yang tidak proporsional masuk ke dalam kategori yang berpusat pada diri sendiri. Sementara lebih banyak orang tua dan wanita masuk ke dalam kelompok teladan.

"Orang-orang berkembang. Orang-orang terus menjadi lebih baik diintegrasikan ke dalam masyarakat, memperoleh sifat-sifat yang lebih mudah bergaul di atas usia," kata Amaral.

Peneliti menyadari perlu lebih banyak penelitian untuk mengubah hasil menjadi sesuatu yang akan berguna bagi orang-orang biasa, seperti kuis kepribadian yang dapat digunakan oleh pengusaha, profesional kesehatan mental atau bahkan layanan kencan. Orang yang tertarik dapat berkontribusi pada penelitian yang sedang berlangsung dengan melakukan kuis kepribadian daring, setelah itu mereka akan menerima umpan balik dari para peneliti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement