Rabu 19 Sep 2018 17:23 WIB

Republik Ceska Jajaki Garap Proyek Prioritas di DIY

Dari pihak Republik Ceko akan segera melakukan studi kelayakan

Rep: Neni Ridarineni/ Red: Yusuf Assidiq
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (baju batik) didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIy Budi Wibowo (paling kanan hem putih) bersama Presiden  Senat ParlemenĀ  Republik Ceko Milan Stech (kedua dari kiri) dan Duta besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek menuju Gedhong Pracimosono Kepatihan Yogyakarta untuk melakukan diskusi, Rabu(19/9).
Foto: Republika/Neni Ridarineni
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (baju batik) didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda DIy Budi Wibowo (paling kanan hem putih) bersama Presiden Senat ParlemenĀ  Republik Ceko Milan Stech (kedua dari kiri) dan Duta besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotek menuju Gedhong Pracimosono Kepatihan Yogyakarta untuk melakukan diskusi, Rabu(19/9).

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA –- Republik Ceko penjajakan kerja sama untuk menggarap empat proyek prioritas yang ada di DIY. Hal itu mengemuka saat kunjungan rombongan dari Republik Ceko  yang dipimpin oleh Presiden Senat Parlemen  Republik Ceko Milan Stech Wakil Ketua Kadin Republik Ceko Michal Stefl ke Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (19/9).

Keempat proyek tersebut antara lain bandara NYIA di Kulonprogo, kereta api, Pelabuhan Tanjung Adikarto di Kulonprogo, dan rumah sakit. ‘’Saat ini baru dilakukan pendalaman. Rombongan dari  Republik Ceko juga mengikutsertakan kalangan pengusaha dan perbankan. Mereka berminat untuk berinvestasi di bidang kereta api, traffic management, dan teknologi,’’ kata Ketua Kadin (Kamar Dagang dan Industri) DIY, GKR Mangkubumi.

Pada kesempatan itu, rombongan dari Ceko juga sekaligus menggelar diskusi dengan pihak-pihak yang berkepentingan seperti  PT KAI (Kereta ApiIndonesia), PT Angkasa Pura I, dan RSUP Dr Sardjito, di Gedhong Pracimoso, Kepatihan.

Sebelum melakukan diskusi, rombongan dari Republik Ceko termasuk Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, melakukan audiensi dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono  X di Gedhong Wilis, Kepatihan