Rabu 26 Sep 2018 19:19 WIB

Listrik Padam di Lampung Terjadi Setiap Malam

Pemadaman listrik di Lampung terjadi karena defisit daya.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Nur Aini
Listrik Padam (ilustrasi)
Foto: Antara/Arif Firmansyah
Listrik Padam (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Pemadaman bergilir aliran listrik di wilayah Lampung kalau sebelumnya dua hari sekali selama tiga sampai empat jam, kini terjadi setiap malam.

Pemadaman listrik tidak hanya terjadi pada waktu beban puncak pukul 17.30 hingga pukul 20.30 WIB, namun sering juga terjadi pada pagi, siang, dan petang hari. Bahkan, setelah beban puncak pun listrik kerap tidak menyala mulai dari 20.30 hingga pukul 22.30 WIB. Padahal, mati lampu telah dijadwal secara bergilir oleh PT PLN Distribusi Lampung, namun permukiman warga kerap terjadi pemadaman setiap malam.

 “Sekarang tidak tentu mati lampu siang dan malam. Kalau dulu jarang-jarang mati lampu, sekarang sudah dua malam berturut mati lampu,” tutur Rusdi, warga Sumber Rejo, Kemiling, Bandar Lampung, Rabu (26/9).

Warga terkejut dengan pemadaman setiap malam, sehingga banyak yang tidak mempersiapkan lilin dan lampu emergensi, juga mesin generator. Menurut Anjar, biasanya kalau malam hari sudah mati lampu, dua, atau tiga hari lagi baru mendapat giliran pemadaman.