Kamis 27 Sep 2018 11:52 WIB

Produksi Minyak Lapangan Handil Meningkat 1.057 BOPD

Angka produksi tersebut jauh lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar 598 BOPD.

Red: Gita Amanda
 Lapangan Handil sebagai bagian dari Wilayah Kerja (WK) Mahakam.
Foto: Pertamina
Lapangan Handil sebagai bagian dari Wilayah Kerja (WK) Mahakam.

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN -- Lapangan Handil sebagai bagian dari Wilayah Kerja (WK) Mahakam yang sejak 1 Januari 2018 dikelola oleh PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM), dengan dukungan SKK Migas, berhasil menambah produksi minyaknya. Penambahan sebesar 1.057 Barel Minyak Per Hari (BOPD) dan gas sebesar 2,6 MMscfd tersebut berasal dari sumur H-L-174, yang mulai berproduksi pada 21 September 2018 lalu.

“Penambahan produksi di Lapangan Handil yang telah mature ini tercapai berkat upaya optimisasi oleh PHM selaku operator,” ujar Executive Vice President PHM Sunaryanto, yang mengepalai kegiatan operasi di WK Mahakam, Rabu (26/9) lalu, di Balikpapan, melalui siaran persnya.

Dia menambahkan angka produksi dari sumur baru ini jauh lebih tinggi dari perkiraan awal sebesar 598 BOPD. Pengeboran sumur ini menggunakan Rig Yani yang memang didesain untuk dioperasikan di kawasan delta.

Dengan demikian, produksi dari sumur H-L-174, bersama-sama beberapa sumur baru lainnya, memberikan kontribusi positif untuk menaikkan produksi minyak Lapangan Handil. Kenaikan hingga mencapai 18.207 BOPD dan produksi gasnya 11,5 MMscfd, yang dicapai pada 23 September lalu.