Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

9 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Bintang Timnas Putri Jajaki Karier di Klub Eropa

Selasa 02 Oct 2018 14:27 WIB

Red: Hazliansyah

 Pesebakbola Putri Indonesia Zahra Muzdalifah (kiri)

Pesebakbola Putri Indonesia Zahra Muzdalifah (kiri)

Foto: Republika/ Wihdan Hidayat
Zahra Musdalifah mengungkapkan tengah bersiap untuk uji coba di klub eropa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bintang sepak bola wanita Indonesia, Zahra Musdhalifah bersiap untuk menapaki karier di Eropa. Ia mengungkapkan tengah mempersiapkan diri untuk proses uji coba di sebuah klub di Eropa.

Merantau di Eropa menjadi satu-satunya pilihan bagi Zahra untuk menempuh jalur sebagai pesepak bola wanita profesional. Mengingat di Indonesia kesempatan itu tidak tersedia.

"Ada rencana kepingin apply trial Desember nanti di Eropa," kata Zahra di sela-sela konferensi pers kejuaraan sepak bola wanita AIA Championship for Women di Jakarta, Selasa.

Kendati mengungkapkan rencananya untuk mengikuti trial di salah satu klub Eropa, Zahra masih enggan menyebutkan secara spesifik negara yang ditujunya.

Sepak bola wanita di Eropa cukup berkembang dan terdapat liga yang berjalan rutin di sejumlah negara. Seperti Inggris, Spanyol, Italia, Jerman, Prancis dan Belanda.

Bahkan UEFA juga menyelenggarakan Liga Champions Wanita sejak 2001-2002, meski awalnya dinamakan Piala Wanita UEFA sebelum kemudian berganti nama sejak 2009-2010.

Olympique Lyon menjadi tim tersukses di Liga Champions Wanita. Dengan raihan lima gelar, termasuk tiga trofi beruntun dalam tiga musim terakhir.

Guna mempersiapkan diri, selain memiliki pelatih pribadi, Zahra juga kerap mengikuti latihan tim-tim akademi putra untuk mengembangkan kemampuannya.

"Semoga tercapai, karena memang kalau di Indonesia masih bertahan dan tidak dibawa ke negara yang ada kompetisi rutin bisa mati bakatnya," kata Zahra.

"Seperti teman saya itu ada yang bagus, tapi karena tidak ada liga ya dia akhirnya tidak terpakai, sayang banget," ujarnya menambahkan, tanpa mau mengungkapkan siapa teman yang dimaksud.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile