Sabtu 13 Oct 2018 01:50 WIB

Presiden ADB Temui Jokowi Tawarkan Bantuan Bencana

ADB menawarkan bantuan tanggap darurat bencana senilai 1 miliar dolar AS

Red: Nidia Zuraya
Asian Development Bank (ADB)
Foto: brecorder.com
Asian Development Bank (ADB)

REPUBLIKA.CO.ID, NUSA DUA -- Presiden Asian Development Bank (ADB) Takehiko Nakao bertemu dengan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk menawarkan dana bantuan tanggap darurat bencana di Sulawesi Tengah sebesar 1 miliar dolar AS. Presiden ADB Nakao bertemu Presiden Jokowi secara khusus di sela pertemuan tahunan IMF-WB di Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10).

"Saya sangat mengapresiasi pertemuan dengan Presiden Jokowi di tengah padatnya jadwal dalam Pertemuan Tahunan IMF-WB ini. Dan saya mengawali ucapan duka cita saya yang mendalam atas bencana yang terjadi," kata Nakao setelah pertemuan tersebut.

Presiden Nakao menawarkan bantuan tanggap darurat senilai hingga 1 miliar dolar AS untuk mendukung anggaran yang dibutuhkan secepat mungkin dan upaya rekonstruksi di daerah terdampak.

Terkait dukungan darurat, Presiden Nakao menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa selain pinjaman bantuan anggaran darurat hingga senilai 500 juta dolar AS, ADB juga siap memberi pembiayaan tambahan sekitar 500 juta dolar AS melalui pinjaman proyek untuk mendukung rekonstruksi infrastruktur yang sangat penting, termasuk pasokan air dan sanitasi, sekolah, jalan dan jembatan, serta jaringan listrik.