Senin 15 Oct 2018 08:56 WIB

Lima Produk Unggulan Indonesia Siap Dipasarkan Lewat Alibaba

Lima produk unggulan Indonesia akan dijual ke pasar Cina

Rep: Adinda Pryanka/ Red: Nidia Zuraya
Alibaba Grup (ilustrasi)
Foto: REUTERS
Alibaba Grup (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan, Indonesia akan berupaya meningkatan nilai ekspor produk manufaktur ke pasar Cina secara langsung. Sasaran ini akan dicapai melalui keikutsertaan pada 11.11 Global Shopping Festival, yakni ajang pesta diskon besar-besaran di Cina yang diselenggarakan setiap 11 November dan sebelumnya dikenal sebagai Singles' Day (Hari Jomblo).

Airlangga menyebutkan, ada lima produk unggulan Indonesia yang akan diikutkan dalam penjualan daring di platform e-dagang milik Alibaba Group. Selain memiliki kualitas bagus, produk-produk tersebut dinilai diminati banyak oleh konsumen Negeri Tirai Bambu. "Lima produk itu yaitu kopi, crackers, kerupuk udang, mi instan, dan sarang burung wallet," ujarnya dalam rilis yang diterima Republika, Ahad (14/10).

Baca Juga

Pemilihan lima produk tersebut bukan tanpa sebab. Menurut Airlangga, seluruh produk terpilih memiliki ketersediaan dalam jumlah yang besar dan siap untuk rilis di China. Selain itu, delivery dan logistiknya sudah siap. Jumlah pesanan kelima produk itu tidak akan dibataskan atau bersifat unlimited order.

Airlangga menambahkan, ajang 11.11 menjadi momen penting dan kesempatan baik bagi Indonesia untuk menunjukkan daya saing produk indutri manufaktur nasional yang telah mampu kompetitif di kancah global. Partisipasi ini dinilai pula mampu memperluas pasar ekspor produk nasional.