Selasa 16 Oct 2018 19:45 WIB

Beto Bawa Indonesia Unggul Sementara atas Hong Kong

Gol sundulan Beto sukses merobek gawang Hong Kong di menit 40

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah
Alberto 'Beto' Goncalves
Foto: INASGOC/Hery Sudewo
Alberto 'Beto' Goncalves

REPUBLIKA.CO.ID, CIKARANG -- Alberto 'Beto' Goncalves membawa Indonesia unggul sementara 1-0 atas Hong Kong dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10). Gol Beto kali ini sementara menjadi gol yang ke lima miliknya selama memperkuat timnas Indonesia.

Gol milik pemain Sriwijaya FC kali ini juga layak disebut berkelas karena terjadi lewat skema serangan yang akurat. Berawal dari umpan dari lini tengah oleh Stefano Lilipaly ke sayap kanan Garuda pada menit ke-40. Ada Irfan Jaya yang dituju.

Namun pengawalan dua pemain Hong Kong kepada pemain Persebaya itu, membuat pemain belakang Putu Gede Antara membantu ke lini depan. Bola dari Irfan kepada Gede, ia teruskan ke depan gawang. Bola lambung disambut Beto dengan kepalanya.

Tandukan bomber gaek 37 tahun itu akurat ke arah gawang. Kiper tamu Hung Fai Yapp yang berusaha menghalau bola, tak mampu menangkap si kulit bundar. Aksi Beto tersebut berhasil membuka keunggulan dan membuat skor menjadi 1-0.

Sebelum gol tersebut para pemain Indonesia sebetulnya sudah menampilkan dominasi yang tinggi terhadap para penggawa Hong Kong. Terapan bermain 4-2-3-1 oleh pelatih sementara Bima Sakti Tukiman, berhasil meredam 11 pemain asuhan pelatih tamu, Gary Johan White yang didominasi tujuh pemain naturalisasi. Sepuluh menit pertama laga, Indonesia menunjukkan gaya bermain yang santai, tapi mampu tiga kali mengintimidasi pertahanan lawan.

Hong Kong tak diberi kesempatan membawa bola terlalu lama, bahkan nyaris tak punya peluang sampai menit belasan. Beto, pada menit ke-11, mencatatkan peluang pertamanya. Lewat umpan lambung dari  Irfan Jaya. Sayang peluang tersebut, tak berhasil dikonversi menjadi gol.

Tendangan Beto mengantarkan bola ke atas mistar gawang. Pada menit ke-16, sepakan bebas dari Stefano Lilipaly, pun akurat ke gawang. Sayang membentur mistar gawang.

Peluang Indonesia kembali terjadi pada menit ke-26. Berawal dari aksi individu Lilipaly dari tengah lapangan. Meski dengan kawalan, ia mampu menembus lini pertahanan lawan.

Pemain Bali United itu sempat melepas sepakan keras dari areal penalti. Namun kiper Hung Fai masih gagah. Bola sempat muntah dan kembali ke kaki Lilipaly. Ia pun melepas umpan silang kepada Febri Haryadi yang menunggu di sayap kiri.

Dari Febri, bola dilanjutkan ke tengah. Ada gelandang Evan Dimas yang ikut membantu serangan dari lini tengah. Pemain Selangor FA itu, punya ruang tembak ke gawang. Namun sepakan kaki kiri Evan terlalu deras dan membuat bola keluar lapangan.

Di menit ke-29, pelatih John White merotasi strikernya Alexander Oluwatayo yang tampak jarang mendapatkan bola. Posisinya digantikan Alessandro Ferreira Leonardo.

Peluang pertama milik Hong Kong baru terjadi pada menit ke-36 oleh Leonardo. Sepakannya akurat ke gawang. Tapi kiper Muhammad Ridho mudah mengamankan bola.

Lima menit sebelum turun minum, tribun pononton bergemuruh dengan aksi Beto yang membuka keunggulan. Skor 1-0 bertahan sampai menit ke-45. Wasit sempat memberikan tambahan waktu dua menit.

Pada masa injury times tersebut, dua peluang Hong Kong membalas skor. Tetapi, gagal. Sampai turun minum, Indonesia mengklaim keunggulan.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Persebaya Surabaya Persebaya Surabaya 7 5 2 0 7 5 17
2 Pusamania Borneo Pusamania Borneo 7 4 3 0 10 7 15
3 Bali United Bali United 7 4 2 1 12 6 14
4 Persib Bandung Persib Bandung 7 3 4 0 13 6 13
5 PSM Makassar PSM Makassar 7 3 3 1 9 5 12
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement