Rabu 24 Oct 2018 23:40 WIB

Kementan Launching Pasar Lelang Cabai Tuban

Petani akan menikmati harga tertinggi dari penawar di Pasar Lelang Cabai

Red: EH Ismail
Kementerian Pertanian meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban
Kementerian Pertanian meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Kementerian Pertanian meluncurkan pasar lelang cabai di Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.  Sebanyak 50 orang anggota Asosiasi Petani Horti Sumber Rejeki Petani tergabung dalam pasar lelang ini. Pada kesempatan ini hadir Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi menyaksikan dan membuka secara langsung proses lelang cabai perdana.

"Ini sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga di petani serta memotong rantai pasok dengan pola pasar lelang. Petani akan menikmati harga tertinggi dari penawar yang ada,” kata Suwandi dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id.

Suwandi menjelaskan, pasar lelang cabai merupakan solusi soft system untuk memberi perlindungan ke petani. Hal itu sebagai jaminan pasar dan kepastian harga. Manfaat lainnya adalah, petani menerima cash and carry, tercipta one region and one price, pasar adil dan transparan, memotong rantai pasok. Dampaknya adalah terciptanya stabilitas harga di konsumen.

Suwandi berharap, bila pasar lelang sudah berjalan rutin, cakupan wilayah dan komoditasnya perlu diperluas. Pemerintah akan memfasilitasi berikut bangsal dan perlengkapannya. Termasuk sarana teknologi informasi online untuk pengiriman data, laporan dan penyebarannya.