Ahad 28 Oct 2018 22:48 WIB

Tiga Maskapai Segera Isi Rute Jakarta-Samarinda PP

Bandara APT Pranoto Samarinda baru diresmikan Presiden Jokowi Kamis lalu

Red: Nidia Zuraya
Mendarat Pertama Kali. Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia mendarat pertama kali di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10).
Foto: Republika/ Wihdan
Mendarat Pertama Kali. Pesawat Kepresidenan Republik Indonesia mendarat pertama kali di Bandara APT Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (25/10).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tiga masakapai penerbangan segera mengisi rute penerbangan dari dan ke Jakarta-Samarinda, usai diresmikan Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (25/10) lalu. Ketiga maskapai tersebut yaitu Garuda Indonesia, Lion Air dan Express Air.

"Sebagaimana arahan Presiden untuk segera menambah rute-rute penerbangan dari dan ke Samarinda. Sampai saat ini dilaporkan sudah ada tiga maskapai yang ingin mengisi rute baru tersebut," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Ahad (28/10).

Lion Air akan melakukan penerbangan perdana dengan rute dari Jakarta, Surabaya dan Makassar menuju ke Bandara APT Pranoto Samarinda (PP). Sementara Garuda Indonesia akan melakukan penerbangan perdana dari Jakarta ke Samarinda (PP) dan Express Air tidak ketinggalan akan segera melakukan penerbangan perdana dari Yogyakarta ke Samarinda (PP).

Persiapan-persiapan izin penerbangan dari dan ke Samarinda sedang dikoordinasikan internal di Ditjen Perhubungan Udara dan diharapkan maskapai-maskapai tersebut dapat segera terbang dari Jakarta, Surabaya dan Makassar ke Samarinda (PP).