Ahad 28 Oct 2018 23:46 WIB

Gempa Magnitudo 4,4 Guncang Pesisir Barat Lampung

Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami

Red: Nidia Zuraya
Gempa bumi (ilustrasi)
Foto: www.keyt.com
Gempa bumi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan telah terjadi gempa bumi tektonik dengan kekuatan (magnitudo) 4,4 mengguncang wilayah barat daya Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, pada Ahad (28/10) malam pukul 22.18,24 WIB. Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Joko Siswanto mengatakan dari hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi dengan kekuatan Magnitudo 4,4 itu berlokasi pada koordinat episenter 6,10 derajat Lintang Selatan (LS) dan 103,76 derajat Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 102 km barat daya Kabupaten Pesisir Barat, Lampung pada kedalaman 10 km.

Berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi itu dirasakan di daerah Liwa, Kabupaten Lampung Barat dan Pesisir Barat Lampung I-II MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan.

BMKG menyatakana, ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa bumi ini merupakan gempa bumi kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi pergerakan Lempeng Indo-Australia yang menyusup di bawah Lempeng Eurasia.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini menunjukkan belum terjadi gempa bumi susulan, sehingga kepada masyarakat di daerah Lampung diimbau agar tetap tenang karena gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement