Jumat 02 Nov 2018 05:19 WIB

Rumah Zakat Gulirkan Peternak Berdaya di Garut

Dengan beternak, para petani bisa memiliki penghasilan tambahan.

Kelompok Tani yang beralamat di Kampung Cilintung, Desa Situgede Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut ini terpilih untuk menjadi Kelompok Binaan dalam Program Peternak Berdaya.
Foto: Rumah Zakat
Kelompok Tani yang beralamat di Kampung Cilintung, Desa Situgede Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut ini terpilih untuk menjadi Kelompok Binaan dalam Program Peternak Berdaya.

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Rumah Zakat menggulirkan program di desa Depok, Garut, Jawa Barat berupa program peternak berdaya, gaduh domba. Melalui program ini, penerima manfaat mendapatkan bantuan berupa pelatihan, bibit domba, stimulan kandang, dan lain-lain.

Program ini sangat bermanfaat, terutama bagi petani kecil. Dengan adanya program ini, petani mempunyai pekerjaan tambahan. Seperti di tuturkan Herman (46 tahun) yang berprofesi sebagai buruh tani.

"Alhamdulillah, sekarang saya memiliki pekerjaan tambahan, mudah-mudahan dengan bantuan ini, penghasilan saya semakin meningkat," ujarnya.

Hal serupa disampaikan oleh Zamiludin Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat. Menurut dia, program peternak berdaya ini sangat cocok digulirkan di desanya, mengingat ketersediaan pakan yang cukup melimpah dan SDM yang cukup memadai.

Selama ini, mayoritas petani di pedesaan memelihara hewan ternak merupakan kegiatan sampingan. Artinya belum dikelola secara profesional. Alhasil, penghasilan dari usaha ternaknya belum begitu signifikan untuk meningkatkan taraf hidup mereka. Oleh karena itu, program peternak berdaya ini diharapkan menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan taraf hidup khususnya peternak kecil.

"Salah satu keunggulan program ini yaitu adanya pendampingan yang intensif, sehingga perkembangan ternak akan terkontrol dengan baik," ujar Zamiludin.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement