Senin 05 Nov 2018 21:27 WIB

Smesco Promosikan Batik Tanah Liek Asal Sumbar

Batik tanah liek memiliki potensi membuka lapangan pekerjaan luas khusunya pengrajin

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Ketua bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bintang Puspayoga (tengah) dan Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi (kiri)
Foto: Kementerian Koperasi dan UKM
Ketua bidang Manajemen Usaha Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Bintang Puspayoga (tengah) dan Dirut LLP-KUKM Emilia Suhaimi (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Smesco Indonesia menjadi tuan rumah gelaran Karya Kerajinan UKM Sumatra Barat yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi Sumatera Barat bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar. Gelar Karya Kerajinan UKM Sumbar ini diadakan sekaligus untuk memperkenalkan dan mempromosikan batik Tanah Liek yang merupakan salah satu potensi Sumbar, dengan tema mengangkat tema “I Like Batik Tanah Liek”.

“Saya sangat bersyukur hari ini hadir menjadi saksi kebangkitan salah satu potensi kerajian unggulan Sumatera Barat yaitu batik Tanah Liek,” kata Direktur Utama Smesco Indonesia, Emilia Suhaimi dalam sambutan pembukaan nya di Jakarta, Senin (5/11).

Emilia mengatakan batik adalah satu warisan tak benda yang diakui Unesco. Selain itu menurutnya tepat bila Pemerintah Provinsi Sumbar dan Smesco kembali memperkenalkan batik Tanah Liek.

Alasannya meski batik Tanah Liek telah digunakan ratusan tahun oleh aristokrat Minang namun gaungnya belum terdengar. Dengan promosi "I Like Batik Tanah Liek" harapannya seluruh masyarakat di Indonesia mengenal batik tersebut.