Selasa 06 Nov 2018 18:00 WIB

Purwakarta akan Gelar Bursa Inovasi Desa

Bursa ini diharapkan menjadi stimulasi bagi desa untuk memerlihatkan inovasinya.

Rep: Ita Nina Winarsih/ Red: Gita Amanda
Bursa Inovasi Desa juga digelar di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara
Foto: Kemendes PDT
Bursa Inovasi Desa juga digelar di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta, sedang menyiapkan bursa inovasi bagi desa. Inovasi desa ini, merupakan prakarsa dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Dengan adanya bursa ini, diharapkan menjadi stimulasi bagi desa untuk memerlihatkan inovasi dan terobosannya.

Sekertaris Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Purwakarta, Asep Suparman, mengatakan program ini digulirkan oleh pusat. Makanya, daerah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) sedang menyiapkan program inovasi desa ini. Dengan adanya bursa ini, kedepan setiap desa bisa menampilkan inovasi yang dimilikinya.

"Bursa inovasi ini, nantinya menyajikan setiap informasi mengenai terobosan yang dibawakan oleh masing-masing desa," ujar Asep, Selasa (6/11).

Karena itu, pihaknya saat ini telah berkoordinasi dengan para pihak terkait. Mulai dari pendamping lokal desa, pendamping desa, para Kasi PMD di 17 kecamatan dan para TPID di setiap kecamatan. Mereka, akan menginventarisasi, mengcapture dan mendokumentasikan setiap inovasi-inovasi yang sudah berjalan di desa-desa.