Rabu 14 Nov 2018 12:42 WIB

Ratusan Migran Mendekat, AS Pasang Kawat Berduri

Menhan AS akan melakukan perjalanan ke daerah perbatasan Meksiko.

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Teguh Firmansyah
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko
Foto: VOA
Arah perbatasan Amerika menuju Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, TIJUANA -- Ratusan migran Amerika Tengah yang berencana mencari suaka di Amerika Serikat (AS) semakin mendekati perbatasan AS-Meksiko. Pada Selasa (13/11), militer AS memperkuat langkah-langkah keamanan dengan memasang kawat berduri dan mendirikan barikade.

Sekitar 400 migran yang memisahkan diri dari kelompok utama di Mexico City tiba di kota perbatasan Tijuana pada Selasa (13/11) dengan bus. Kelompok-kelompok besar migran lainnya diperkirakan akan tiba dalam beberapa hari mendatang.

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengatakan dia akan melakukan perjalanan ke daerah perbatasan pada Rabu (14/11). Kunjungan tersebut merupakan kunjungan pertamanya sejak militer AS mengumumkan lebih dari 7.000 tentara akan dikerahkan ke daerah itu karena ribuan migran Honduras telah melewati Meksiko.

Customs and Border Protection (CBP) AS mengatakan, dalam sebuah pernyataan, mereka akan menutup jalur di penyeberangan San Ysidro dan Otay Mesa dari Tijuana. Penutupan dilakukan untuk memungkinkan Departemen Pertahanan AS memasang kawat berduri dan mendirikan barikade.