Home >> >>
Ilham Udin Armaiyn, Sayap Garuda Jaya
Ahad , 05 Oct 2014, 17:01 WIB
Republika/Edwin Dwi Putranto
Ilham Udin Armaiyn

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilham Udin Armaiyn, salah satu bintang Timnas U-19 Indonesia asal Ternate yang berposisi sebagai penyerang sayap kiri. Pemain kelahiran 10 Mei 1996 itu telah menjelma sebagai winger yang patut diwaspadai oleh setiap lawan Indonesia di turnamen Piala Asia U19 Myanmar.

Ilham memiliki kecepatan dan skill dalam mengolah bola serta daya jelajah yang tinggi. Kaki kirinya memiliki akurasi tendangan yang sangat keras. Selain itu, ia juga cerdas dalam menempatkan bola serta memberikan umpan tarik kepada Evan Dimas maupun Muchlis Hadi untuk menjebol gawang lawan.

Penampilannya semakin meningkat ketika ikut serta bersama Evan Dimas pada Piala AFF U-19 dan juga Pra Piala Asia (PPA) U-19. Ilham berhasil mengoleksi empat gol selama turnamen berlangsung.

Ia pun kini selalu menjadi starter dalam skuat inti Timnas U-19 dan dipercaya oleh pelatih untuk berada di sayap kiri sebagai perusak barisan pertahanan lawan.

Sebelum bergabung dengan timnas, Ilham sempat dianggap sebagai pemain titipan. Pasalnya, nama Armaiyn merupakan marga yang memiliki hubungan kekerabatan dengan Thaib Armaiyn, Gubernur Maluku Utara. Namun, Ilham telah menjawab semua penilaian negatif tersebut dengan prestasinya bersama Timnas U-19.

Pelatih Indra Sajfri juga mengatakan bahwa dirinya menemukan langsung Ilham di Ternate. Tak hanya itu, Indra juga menerapkan standar yang tinggi untuk memilih pemain yang akan dibawanya untuk mengisi skuat Garuda Jaya.

Putra keempat pasangan (alm) Udin Armaiyn dan Anni Aman ini selalu tampil memukau di setiap pertandingan. Ia terkadang menjadi penentu kemenangan Indonesia atas lawannya di setiap turnamen.

Saat laga pertama menghadapi Brunei Darussalam, Ilham Udin mencetak dua gol. Hebatnya itu dilakukan hanya dalam waktu 37 menit sebelum dia akhirnya digantikan oleh Dinan.

Selain mencetak dua gol dalam laga tersebut, Ilham Udin bermasil melepaskan dua tendangan ke arah gawang yang menunjukkan akurasinya 100% serta melepaskan umpan 17 kali dengan akurasi 82%.


Redaktur : Didi Purwadi
Reporter : CR02
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar