Home >> >>
Muchlis Hadi Ning, Berkat Didikan Ayah
Ahad , 05 Oct 2014, 18:01 WIB
Republika/Edwin Dwi Putranto
Muchlis Hadi Ning (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Muchlis Hadi Ning Syaifulloh. Striker Timnas U-19 Indonesia ini tampil gemilang di setiap pertandingan. Namanya mulai bersinar setelah sukses mengantarkan Indonesia menjuarai Piala AFF U-19 sekaligus meloloskan Garuda Jaya ke Piala Asia U-19 di Myanmar.

Terlahir dalam keluarga sederhana, Muchlis tidak bisa membeli sepatu mewah untuk bermain bola. Ia hanya bisa membeli sepatu biasa buatan rumahan di desanya. Walau sempat membuat dirinya minder, penggemar Fernando Torres tersebut tetap menjalani sepak bolanya dengan ikhlas.

"Kadang memang malu, tetapi mau bagaimana lagi. Saya terus bersemangat dan memengang prinsip pantang menyerah dan berusaha sebaik mungkin. Saya percaya jalan pasti terbuka," kata Muchlis seperti dikutip dari buku 'Official Book: Timnas U-19 Garuda Jaya'.

Berbekal dari pendidikan sang ayah, Muchlis menjelma menjadi pemain yang memiliki kemampuan fantastis bagi Garuda Jaya. Sewaktu masih kecil, Muchlis diajarkan oleh sang ayah tentang dasar-dasar sepakbola seperti mengumpan, menendang, menggiring, dan menyundul bola.

Saat Muchlis masuk Sekolah Menengah Pertama, bakatnya terus berkembang dan membuat ayahnya merasa sangat perlu untuk memasukkan Muchlis ke SSB. Akhirnya, Muchlis masuk ke SSB Sinar Mas Mojokerto.

Muchlis mengikuti program nasional pencarian bakat-bakat sepakbola yang digelar di seluruh pelosok Indonesia. Muchlis pun lolos seleksi dan berangkat ke Hongkong dan sukses memberikan gelar juara untuk Indonesia bersama U-17.

Atas prestasinya tersebut, pelatih Indra Sajfri memberikan tawaran untuk memperkuat Timnas U-19 Indonesia. Kesempatan itu pun tidak disia-siakan oleh Muchlis. Hingga kini ia tetap setia dan konsisten membela Garuda Jaya.

Dengan naluri mencetak golnya yang sangat baik seperti idolanya Fernando Torres, Muchlis selalu membuat ketar-ketir barisan pertahanan lawan. Ia juga selalu membuat penjaga gawang lawan memungut bola dari dalam gawangnya.

Piala Asia U-19 2014 di Myanmar akan menjadi ajang pembuktian bagi Muchlis untuk kembali memberikan yang terbaik bagi Indonesia.


Redaktur : Didi Purwadi
Reporter : CR02
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar