Selasa 18 May 2010 08:23 WIB

Domenech Umumkan Tim Piala Dunia Prancis

Red: Krisman Purwoko

REPUBLIKA.CO.ID,PRANCIS--Pelatih Prancis Raymond Domenech hari Senin mengumumkan skuadnya untuk Piala Dunia, di mana hanya satu pemain, kemungkinan seorang bek, yang akan dicoret dalam beberapa hari mendatang. Tim yang terdiri atas 24 pemain itu, hasil pengurangan dari 30 pemain yang diumumkan pekan lalu, pekan depan akan mengikuti pemusatan latihan selama tiga hari di daerah dataran tinggi, yakni daerah wisata ski Prancis, Tignes.

Domenech dijadwalkan mengumumkan tim definitif yang berjumlah 23 pemain pada 27 Mei, menjelang keberangkatannya ke pemusatan latihan kedua di Tunisia. Di antara mereka yang paling mungkin untuk dicoret dari tim 24 pemain tersebut adalah penyerang Marseille Hatem Ben Arfa dan penjaga gawang Lille Mickael Landreau.Pemain belakang Adil Ramli dan Rod Fanni, gelandang Yann Mvila dan penyerang Jimmy Briand juga merupakan di antara enam pemain yang dicoret dari skuad 30 pemain.

Di antara mereka yang dipertahankan adalah gelandang Marseille Mathieu Valbuena, bek Bordeaux Marc Planus, dan penjaga gawang Bordeaux, Cedric Carraso. Valbuena, yang terkenal karena cekatan dan ukuran tubuhnya yang kecil, yakni tingginya hanya 1,63 meter, dipanggil untuk perttama kalinya Maret 2008 sebelum tidak dipakai karena cedera.

Prestasinya kali ini lebih menonjol, saat ia memulai musim liga Prancis tersebut sebagai pemain pengganti Marseille. Absennya Rami dan dimasukkan hanya empat bek tengah menyatakan Domenech mungkin akan memanggil gelandang bertahan Jeremy Toulalan.

Bila memang demikian, strategi jangka panjang Domenech ialah bek Bordeaux Planus akan menjadi pemain ke-24 dan tidak akan pergi ke Afrika Selatan, karena masing-masing tim berjumlah maksimum 23 pemain.

Sementara itu, Landreau untuk kedua kalinya secara beruntun tidak akan tampil di turnamen besar, karena ia merupakan di antara tujuh pemain yang dicoret menjelang dimulainya Euro 2008.

Carrassog kini secara resmi menggantikan Landreau sebagai penjaga gawang pilihan ketiga setelah penjaga gawang Lyon Hugo Lloris dan penjaga gawang Marseille Steve Mandanda. Prancis, yang kalah dari Italia di final Piala Dunia 2006 di Jerman, berada satu grup dengan tuan rumah Afrika Selatan, Meksiko, dan Uruguay.

Berikut susunan pemain yang diumumkan Domenech :

Penjaga gawang: Hugo Lloris (Lyon), Steve Mandanda (Marseille), Cedric Carrasso (Bordeaux)

Pemain belakang: William Gallas (Arsenal/Inggris), Eric Abidal (Barcelona/Spanyol), Bakary Sagna (Arsenal/Inggris), Patrice Evra (Manchester United/Inggris), Gael Clichy (Arsenal/Inggris), Marc Planus (Bordeaux), Anthony Reveillere (Lyon), Sebastien

Squillaci (Sevilla/Spanyol)

Pemain tengah: Abou Diaby (Arsenal/Inggris), Alou Diarra (Bordeaux), Lassana Diarra (Real Madrid/Spanyol), Yoann Gourcuff (Bordeaux), Florent Malouda (Chelsea/Inggris), Jeremy Toulalan (Lyon)

Pemain penyerang: Nicolas Anelka (Chelsea/Inggris), Djibril Cisse (Panathinaikos/Yunani), Andre-Pierre Gignac (Toulouse), Sidney Govou (Lyon), Thierry Henry (Barcelona/Spanyol), Franck Ribery (Bayern Munich/Jerman), Mathieu Valbuena (Marseille).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement