Jumat 28 May 2010 03:10 WIB

Cedera Pemain Kunci Ancam Kekuatan Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID--Dalam dunia sepak bola, Spanyol dikenal memiliki tim yang paling komplit dan bertabur pemain bertalenta. Namun persiapan Tim Matador untuk menghadapi Piala Dunia musim panas ini harus terhadang oleh cedera yang dialami para pemain kunci.

Pemain depan Liverpool, Fernando Torres, bintang Arsenal, Cesc Fabregas dan gelandang kreatif Barcelona, Andres Iniesta, melewatkan beberapa musim tanding berturut-turut karena cidera. Kondisi itu membuat pusing pelatih timnas, Vicente del Bosque.

Tiga pemain muda itu sangat penting bagi Spanyol saat meraih kemenangan di Euro 2008. Del Bosque pun harap-harap cemas menunggu pulihnya para pemain kunci itu sebelum dimulainya Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Torres (26) yang membawa kemenangan 1-0 bagi Spanyol di Euro 2008 melawan Jerman, harus melakukan operasi lutut untuk memperbaiki tulang rawan yang retak saat melawan Benfica dalam Liga Eropa pada 8 April. Sejak cedera itu, Torres belum bermain lagi.

Torres mengalami beberapa kali cedera dalam beberapa musim terakhir dan ia harus berjuang keras untuk memulihkan kebugarannya saat tanding pertama Spanyol di Grup H melawan Swiss pada 16 Juni. "Ini merupakan tahun yang sulit akibat cedera dan sungguh memalukan saya tidak bisa tampil dalam beberapa kali pertandingan," kata Torres.

"Sekarang yang harus saya lakukan adalah mencoba dan berjuang agar fit untuk turnamen Afsel. Saya sudah menunggu empat tahun untuk ini, jika semuanya berjalan lancar, saya tidak akan melewatkannya."

Kapten Arsenal Fabregas (23) adalah pemain lain dalam timnas yang mengalami retak kaki kanan saat pertandingan pertama perempat final Liga Champions pada 31 Maret lalu. Fabregas harus melewatkan sisa waktu musim tanding meskipun ia yakin mampu bisa mengikuti Piala Dunia.

"Pada 24 Mei saya akan bergabung dengan timnas Spanyol dan harus mampu bergabung untuk bermain melawan Arab Saudi lima hari kemudian," kata Fabregas. "Sekarang saya harus bersabar untuk memastikan bahwa saya kembali sekuat mungkin. Waktunya sangat tepat untuk Piala Dunia."

Satu lagi bintang timnas yaitu Iniesta (25) yang tengah mengalami cedera otot kaki kanan.

Gelandang Barcelona ini tidak merumput sejak 10 April dan berjuang mengejar waktu untuk bisa fit saat Piala Dunia. "Ini adalah salah satu momen paling sulit, namun hidup mengajarkan saya untuk tidak menyerah," kata Iniesta.

Media Spanyol menyoroti cederanya ketiga pemain kunci ini, dan terakhir ditambah lagi dengan cedera gelandang Barcelona, Xavi. Xavi (30), pemain krusial untuk Spanyol yang terpilih menjadi pemain terbaik Euro 2008, bermain dengan cedera betis saat membela Barcelona dalam turnamen tersebut.

Spanyol memiliki catatan kesehatan yang bersih saat memenangi turnamen Eropa di bawah asuhan Luis Aragones. Namun penggantinya, del Bosque menghadapi lebih banyak masalah karena meskipun para pemain kunci itu sudah kembali fit, mereka akan kehilangan ketajamannya karena melewatkan beberapa laga penting.

Beruntung, lawan-lawan Spanyol di Grup H yaitu Swiss, Honduras dan Chile sepertinya masih bisa dihadapi meskipun tetap saja mereka butuh bintang-bintang seperti Torres, Fabregas, Xavi dan Iniesta untuk masuk babak 16 besar kalau berhasil menghadapi Brazil dan Portugal.

sumber : Ant/AFP
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement