Jumat , 15 Jun 2018, 16:02 WIB

Lopetegui Bicara Pemecatannya dari Timnas Spanyol

Rep: Eko Supriyadi / Red: Israr Itah
Julen Lopetegui (kiri).
Foto EPA-EFE/JUANJO MARTIN

Julen Lopetegui (kiri).

Ia punya alasan sendiri perihal negosiasinya dengan Madrid yang berlangsung cepat.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Mantan pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui, angkat bicara terkait pemecatannya oleh Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF). Lopetegui dipecat pada Rabu (13/6), sehari setelah Real Madrid mengumumkan mengontraknya sebagai pelatih setelah Piala Dunia 2018 usai.

Presiden RFEF Luis Rubiales menyatakan ketidaksukaannya kepada publik saat mengetahui sang pelatih telah sepakat menangani Madrid. Rubiales menilai Lopetegui bernegosiasi secara diam-diam dan mengumumkannya pada waktu yang tidak tepat. 

Namun, Lopetegui membela diri. Ia punya alasan sendiri perihal negosiasinya dengan Madrid yang berlangsung cepat dan diumumkan sebelum Piala Dunia. Dalam presentasinya sebagai pelatih baru Madrid pada Kamis (14/6), Lopetegui mengatakan kesepakatan itu harus diselesaikan sebelum Piala Dunia 2018, bukan saat berlangsung.

Walau tak memaparkan alasannya secara rinci, Lopetegui tampaknya tak mau konsentrasinya terpecah antara negosiasi kontrak dengan Madrid dan menukangi timnas Spanyol.