Senin , 09 Jul 2018, 17:05 WIB

Hierro Mundur, Enrique Favorit Tangani Timnas Spanyol

Rep: Anggoro Pramudya / Red: Israr Itah
Luis Enrique
Foto AP Photo/Francisco Seco

Luis Enrique

Reputasi Enrique dinilai tepat untuk menangani Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kegagalan timnas Spanyol di Piala Dunia 2018 membuat Fernando Hierro bersikap jantan. Entrenador yang ditunjuk dadakan menggantikan peran Julen Lopetegui bebeberapa hari sebelum turnamen bergulir memutuskan hubungan dengan La Roja.

Bahkan, eks bek Real Madrid menolak ketika diminta kembali mengisi jabatan sebagai direktur olahraga Spanyol. Ia beralasan ingin mencari tantangan baru setelah lebih dari empat tahun bekerja untuk La Roja dalam dua kesempatan, yakni 2007 hingga 2011 dan November 2017.

"Setelah berjalan bersama, Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) dan Hierro memutuskan mengakhiri hubungan menyusul usainya partisipasi Spanyol di Piala Dunia Rusia," tulis pernyataan resmi RFEF dikutip AS, Senin (9/7).

Indikasi Spanyol tak akan berbuat banyak di Rusia 2018 memang sudah terlihat sejak mereka memecat pelatih Julen Lopetegui sehari sebelum turnamen dimulai. Penggantinya, Hierro, belum memiliki kapasitas sebagai pelatih berpengalaman dan ahli taktik hebat. Entrenador 50 tahun itu masih kalah pamor dengan Luis Enrique, Quique Sanchez Flores, dan Josep Guardiola.