Selasa , 24 Jun 2014, 21:05 WIB

Omset Penjualan Maskot Piala Dunia 2014 Sebesar Rp 200 Juta

Red: Citra Listya Rini
Maskot Piala Dunia 2014, Fuleco
Foto AP/FIFA

Maskot Piala Dunia 2014, Fuleco

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Produksi boneka maskot Piala Dunia, Fuleco, mampu menghasilkan omset mencapai Rp 200 juta dengan pembuatan 10 ribu buah per bulan.

"Capaian omset itu terjadi ketika Piala Dunia belum bergulir karena banyaknya pemesanan," kata salah seorang pelaku usaha pembuatan boneka Fuleco, Suyud Ahmad Sahal ketika dikonfirmasi melalui ponselnya, Selasa (24/6).

Fuleco adalah maskot resmi dari Piala Dunia FIFA 2014 di Brasil yang merupakan boneka berbentuk hewan Trenggiling kuning, bermata hijau dan punggung berwarna biru.

Pemuda asal Wirobrajan, Yogyakarta, tersebut setiap hari memproduksi boneka maskot sesuai pesanan dan memanfaatkan momen Piala Dunia untuk meraup keuntungan.

"Awalnya perajin di sini membuat bisnis boneka maskot secara umum. Sekarang berbarengan dengan Piala Dunia, kami memproduksi Foleco dan permintaan sangat luar biasa," katanya.

Mahasiswa semester delapan AMIKOM Yogyakarta tersebut sudah merancang produksi Fuleco sejak awal tahun ini dan mempersiapkan segalanya, termasuk membuat pola, menjahit mencari bahan sebaik mungkin hingga membuka pemesanan.

Boneka yang dibuatnya berukuran 25 centimeter berbahan velboa, nylex, dacron dan kain kaos, dengan harga bervariasi, mulai Rp 22-30 ribu per boneka.

Sementara itu, di sejumlah toko-toko boneka di Atrium Mal Senen Jakarta, tidak sedikit pengunjung yang mencari boneka berbentuk spesies Armadillo asli Brasil tersebut.

Salah seorang pengunjung, Suzanna, mengaku ingin membeli boneka maskot Piala Dunia untuk dihadiahkan kepada anak dan beberapa keponakan karena naik kelas di sekolahnya.

"Saya dari tadi mencari dan keliling toko-toko di sini, tapi belum menemukan boneka Foleco. Akhirnya terpaksa saya beli aksesoris Piala Dunia lainnya," tutur ibu satu anak itu sambil menunjukkan topi, kaos dan syal yang dibelinya.

Sedangkan pantauan di toko online yang membuka penjualan boneka Foleco, harganya bervariasi mulai Rp 55-80 ribu, tergantung ukuran, bahan dan kualitas produksinya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
fuleco maskot piala dunia piala dunia 2014
Berita Terpopuler
Berita Lainnya