Selasa , 12 Jun 2018, 15:54 WIB

1970, Piala Dunia 'Berwarna' Pertama

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Israr Itah
Pemain andalan Brasil, Pele, diarak rekan setimnya saat merayakan keberhasilan mereka meraih juara Piala Dunia 1970 dengan mengalahkan Italia 4-1 di partai final.
Foto AP

Pemain andalan Brasil, Pele, diarak rekan setimnya saat merayakan keberhasilan mereka meraih juara Piala Dunia 1970 dengan mengalahkan Italia 4-1 di partai final.

Piala Dunia 1970 menjadi yang pertama disiarkan lewat televisi dengan format berwarna

REPUBLIKA.CO.ID, Peluncuran satelit komunikasi Telstar 1 pada 1962 seolah memberikan dampak yang begitu luas pada kehidupan manusia. Dengan adanya Telstar 1, orang dapat mengirimkan gambar dan suara dalam format video ke tempat yang begitu jauh. Pengaruh ini pun terasa di penyelenggaran kompetisi olahraga paling populer sejagat Piala Dunia.

Piala Dunia 1966 boleh saja tercatat sebagai ajang Piala Dunia pertama yang disiarkan secara langsung lewat televisi. Namun, empat tahun kemudian, tepatnya di Meksiko 1970, teknologi siaran televisi ini memasuki babak baru. Piala Dunia 1970 menjadi penyelenggaraan pertama yang disiarkan lewat televisi dengan format berwarna. 

Sebanyak 32 pertandingan di putaran final Piala Dunia, yang pertama kali digelar di Amerika Tengah itu, disiarkan secara langsung lewat televisi dengan format berwarna. Di Piala Dunia 1966, pertandingan Piala Dunia ditampilkan dengan format hitam-putih. Itu pun hanya pertandingan-pertandingan penting.

Pada awal turnamen Piala Dunia 1970, FIFA selaku penyelenggara sempat mendapatkan kritik lantaran lokasi pertandingan dianggap tidak bersahabat dengan tim-tim asal Eropa, yang digelar di tempat yang tinggi. Selain itu, pertandingan-pertandingan tersebut juga digelar pada siang hari. Langkah ini diambil FIFA untuk menyesuaikan dengan jam tayang siaran langsung Piala Dunia 1970 di Eropa.