Senin , 11 Jun 2018, 16:12 WIB

Piala Dunia 1954, Gelar Pertama Jerman Barat

Rep: Bambang Noroyono / Red: Israr Itah
Jerman Barat di Piala Dunia 1954, Swiss
Foto Youtube

Jerman Barat di Piala Dunia 1954, Swiss

Era itu Jerman masih terbelah dua, Jerman Timur dan Jerman Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, Piala Dunia 1954 menjadi pesta sepak bola terbesar edisi kelima yang digelar FIFA. Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) pada 1950 menetapkan Swiss sebagai negara tuan rumah bertepatan dengan perayaan setengah abad FIFA.

Banyak catatan abadi dari kilas balik gelaran 64 tahun silam itu. Paling masyhur tentang kiprah tim nasional Jerman. Waktu itu, untuk pertama kalinya Die Mannschaft  berhasil merebut gelar Piala Dunia.

Era itu Jerman masih terbelah dua, timur dan barat. Meski pada 1990 kedua Jerman bersatu, namun dalam catatan FIFA yang berhak mengklaim gelar juara Piala Dunia 1954, yaitu Jerman Barat. Ukiran di trofi emas Piala Dunia juga menebalkan West Germany sebagai uara.

Kronik tentang juara dunia pertama milik Jerman itu pun penuh drama. Semula ada 37 negara yang ikut kualifikasi. Tapi tiga negara; Cina, Polandia, dan Peru, mundur. Selama  kualifikasi, 14 negara lolos. FIFA menggenapkan menjadi 16. Swiss dan Uruguay peserta wajib sebagai tuan rumah dan juara bertahan Piala Dunia 1950.