Kamis , 14 Jun 2018, 16:00 WIB

Maroko, Negara Afrika Pertama yang Lolos ke Babak Gugur

Red: Israr Itah
Trofi Piala Dunia. (ilustrasi)
Foto EPA/Marcus Brandt

Trofi Piala Dunia. (ilustrasi)

Maroko menjadi juara grup, menyisihkan Portugal dan mengungguli Inggris pada 1986.

REPUBLIKA.CO.ID, Maroko kembali gagal mendapatkan kesempatan menggelar Piala Dunia di rumah mereka. Negara Muslim ini kalah bersaing dari trio Amerika Utara: Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada, untuk menggelar Piala Dunia 2026.

Ini kali kelima Maroko mengajukan proposal sebagai tuan rumah namun gagal. Akan tetapi, Maroko seperti tak kenal menyerah untuk mencatatkan sejarah sebagai penyelenggara pesta sepak bola dunia ini. Mereka merasa layak menjadi tuan rumah event semegah Piala Dunia, dengan modal infrastruktur yang telah ada dan akan dibangun serta pencapaian di lapangan hijau.

Ya, sebelum Kamerun membuat Afrika berbangga pada Piala Dunia 1990 dengan menembus babak perempat final, empat tahun sebelumnya Maroko sudah membuat dunia tercengang. Singa Atlas mencetak sejarah sebagai tim Afrika pertama yang menembus babak gugur. Hebatnya, Maroko menjadi juara grup, menyisihkan Portugal dan mengungguli Inggris pada Piala Dunia 1986.

Maroko menahan imbang tanpa gol Polandia dan Inggris pada pertandingan Grup F. Pada laga terakhir, tim asuhan pelatih asal Brasil, Jose Faria, diperkirakan akan tumbang oleh Portugal. Akan tetapi, yang terjadi sebaliknya.