Ahad , 17 Jun 2018, 23:53 WIB

Gol Bunuh Diri Berujung Kematian

Rep: Anggoro Pramudya / Red: Israr Itah
Andres Escobar (kanan), defender timnas Kolombia, membuat gol bunuh diri.
Foto EPA

Andres Escobar (kanan), defender timnas Kolombia, membuat gol bunuh diri.

Nyawa Escobar melayang setelah tubuhnya menerima 12 timah panas dari tiga orang.

REPUBLIKA.CO.ID, Dunia sepak bola tak akan melupakan kematian tragis Andres Escobar Saldarriaga, bek tengah tim nasional Kolombia pada 1994. Dipuji sebagai seorang pria sejati di atas lapangan, nyawa Escobar melayang setelah tubuhnya menerima 12 timah panas dari tiga orang tak dikenal.

Dengan hati yang berat, masyarakat Kolombia merelakan Escobar masuk dalam 'klub 27' bersama dengan Kurt Cobain, Janis Jolin, Jim Morrison, Jimi Hendrix. Mereka sejumlah pesohor dunia yang tutup usia pada umur 27 tahun.

Pada dekade 90-an di Amerika Latin khususnya, Kolombia setiap bagian dari kehidupan terasa begitu dekat dengan kekerasan, pembunuhan, dan kematian. Hal itu begitu lekat dalam kehidupan sehari-hari negara penghasil kopi terbesar di dunia. Bisnis senjata ilegal, kokain, dan perjudian menjadikan Kolombia karut marut. 

Timnas Kolombia berada di tengah situasi yang sulit. Kerusuhan antarkartel dan pembunuhan yang selalu menjadi headline berita televisi jadi santapan Carlos Valderrama dkk ketika bersiap terbang ke Negeri Paman Sam.