Jumat , 29 Jun 2018, 12:37 WIB

Kejutan Dahsyat Kamerun dan Tarian Roger Milla

Rep: Frederikus Bata / Red: Israr Itah
Roger Milla

Roger Milla

The Indomitable Lions menjadi tim Afrika pertama yang lolos hingga perempat final.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerman tersingkir dari Piala Dunia 2018 menjadi sorotan terbesar di Rusia. Berstatus sebagai juara bertahan, para pemain Die Mannschaft harus mengepak kopr lebih cepat setelah kalah bersaing dari Meksiko dan Swedia pada fase grup. Lebih tragis, Jerman menduduki posisi juru kunci Grup F setelah dikalahkan Korea Selatan 0-2.

Cerita lain yang juga jadi buah bibir adalah kegagalan wakil Afrika melaju. Sejak Piala Dunia 1986 di Meksiko, selalu ada wakil Afrika yang setidaknya mampu menembus babak 16 besar. Bahkan, ada yang sampai menembus perempat final, prestasi terbaik sejauh ini. 

Bicara konsistensi dan prestasi wakil Afrika di Piala Dunia tak bisa dilepaskan dari Kamerun. The Indomitable Lions menjadi tim Afrika pertama yang lolos hingga perempat final. Sejarah ini dicatatkan pada Piala Dunia 1990 yang berlangsung di Italia. Kamerun membuka mata dunia bahwa Afrika tak bisa dipandang sebelah mata sebagai salah satu kekuatan sepak bola dunia. 

Kisah Kamerun sudah dimulai sejak partai perdana mereka pada 8 Juni 1990. Menghadapi juara bertahan Argentina, Roger Milla dan rekan-rekan menang 1-0. Gol semata wayang Francois Omam-Biyik, tak mampu dibalas para penggawa La Albiceleste.