Selasa , 10 Jun 2014, 15:56 WIB

Trofi Piala Dunia Pertama untuk Italia

Rep: C56 / Red: Didi Purwadi
Italia juara Piala Dunia 1934
Foto www.worldcupblog.org

Italia juara Piala Dunia 1934

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Memenangkan sebuah trofi sekelas perhelatan Piala Dunia pasti akan menjadi momen yang bersejarah dan bakal dikenang oleh setiap negara. Hal inilah yang sedang dialami Negeri Pizza.

Hari ini, 80 tahun lalu atau tepatnya 10 Juni 1934, Italia berhasil memenangkan gelar Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Berbeda dengan edisi Piala Dunia yang pertama kali, pada perhelatan yang kedua ini, pertandingan langsung memasuki babak 16 besar tanpa ada penyisihan di fase grup.

Di awal laga, Italia bertemu tim mudah Amerika Serikat dan menyudahi perlawanan Negeri Paman Sam dengan skor telak 7-1.

Pertandingan selanjutnya, Spanyol menjadi batu hambatan Italia. Meski sempat kesulitan menembus pertahanaan Tim Matador, namun akhirnya Italia mampu unggul tipis 1-0.

Pada pertandingan semifinal, Italia harus menghadapi Austria. Sama halnya ketika bermain melawan Spanyol, mereka menang dengan skor 1-0.

Dalam laga final, Italia harus menghadapi Cekoslowakia. Melalui drama perpanjangan waktu, Gli Azzurri berhasil membenankam Cekoslowakia dengan skor 2-1.

Italia pun berhak menjadi negara kedua yang memenangi Piala Dunia setelah empat tahun berselang dari kemenangan Uruguay.

Namun ini menjadi jalan pembuka karena pada perhelatan Piala Dunia berikutnya tahun 1938, Italia kembali merengkuh trofi tersebut. Mereka meraih trofi yang sama pada tahun 1982 dan 2006.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
historia sejarah piala dunia piala dunia 1934 timnas italia
Berita Terpopuler
Berita Lainnya