Rabu 26 May 2010 02:07 WIB

Kasihan, Hanya Merumput Selama 55 Detik

Rep: Arif S/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, Tak semua catatan sejarah memberi kesan baik atau menyenangkan bagi yang memilikinya. Ada kalanya catatan sejarah justru menjadi hal yang tak layak untuk dibanggakan.

Bisa jadi, itulah yang dirasakan oleh pemain kesebelasan Peru bernama, Placido Galindo. Meski tak diharapkan sebelumnya, Galindo yang kelahiran 3 September 1902 itu akhirnya tercatat sebagai pemain pertama yang diusir wasit alias menerima kartu merah.

Itu terjadi dalam laga antara Peru melawan Rumania pada 14 Juli 1930 di Uruguay. Ketika pertandingan memasuki menit ke-54, Galindo melakukan pelanggaran berat. Tanpa ampun, wasit Alberto Warnken dari Cile pun merogoh saku dan mengeluarkan kartu merah untuk Galindo. Laga di babak penyisihan grup itu berakhir dengan 1-3 untuk keunggulan Rumania.

Derita lebih mengenaskan lagi dialami oleh Jose Batista dari Uruguay. Pemain kelahiran 3 Juni 1962 itu harus menanggung malu karena diusir wasit ketika pertandingan belum berjalan satu menit.

Saat itu, Uruguay sedang berhadapan dengan kesebelasan Skotlandia dalam babak penyisihan pada putaran final Piala Dunia 1986 di Argentina. Pada detik ke-55, Batista melakukan tindakan kasar dan membahayakan pemain Skotlandia. Tanpa memberikan peringatan lagi, wasit Joel Quinoe dari Prancis langsung mengganjar kartu merah untuk Batista.

Jadilah Batista pemain paling cepat terusir dari lapangan hijau sepanjang pelaksanaan Piala Dunia. Sebuah catatan yang memalukan dan sekaligus memilukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement