Ahad 20 Jun 2010 07:06 WIB

Vuvuzela Bikin Bising? Tunggu Sampai Anda Mendengar Kuduzela

Rep: cr2/ Red: Ririn Sjafriani

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Belum selesai kekhawatiran sejumlah penggila bola atas kehadiran vuvuzela yang mengganggu pendengaran, muncul ancaman baru yang tak lama lagi bakal meramaikan stadium diberbagai belahan dunia. Ancaman itu bernama kuduzela.

Kuduzela adalah alat musik tradisional Afrika Selatan  yang dibuat dari tanduk Antelope, keluarga jauh rusa. Dalam tradisi masyarakat Afrika Selatan, kuduzela sering digunakan dalam peperangan. Celakanya, seperti halnya vuvuzela, kuduzela bakal menghasilkan suara yang bising bahkan dua kali lebih bising dari vuvuzela.

Ancaman kuduzela dengan cepat terdengar petinggi FIFA. Karena itu, FIFA melarang keras penggila bola membawa kuduzela karena dapat mengganggu penikmat bola yang lain. Resiko lain, kuduzela juga berpotensi digunakan sebagai senjata oleh penonton. Maka dari itu, FIFA tidak menginginkan resiko kerusuhan bakal membesar.

Sayangnya, perusahaan pembuat Kuduzela sudah terlanjur memproduksi ratusan kuduzela meski dengan bahan plastik yang ringan. Rencananya oleh perusahaan tersebut, kuduzela bakal diedarkan ketika Piala Dunia Afrika Selatan berakhir.