Jumat , 30 May 2014, 17:32 WIB

Begini Proses Piala Dunia Dongkrak Ekonomi Brasil

Rep: Mutia Ramadhani / Red: Citra Listya Rini
Piala Dunia 2014 Brasil
Foto bostinno.streetwise.co

Piala Dunia 2014 Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Sejumlah ekonom tidak memproyeksikan ekonomi Brasil mendapat dorongan langsung dalam jangka pendek dari perhelatan Piala Dunia 2014 mendatang. Namun, mereka mengatakan manfaat jangka panjangnya tak ternilai harganya.

"Keuntungan bersihnya akan sangat besar. Namun, itu tidak mungkin didapatkan selama turnamen saja. Keuntungan itu akan muncul ditahun-tahun berikutnya," kata Kepala Ekonom Colliers International, Walter Boettcher, dilansir dari CNBC, Jumat (30/5).

Menurut analisis Colliers yang baru diterbitkan pekan ini, manfaat Brasil sebagai tuan rumah Piala Dunia 2014 tidak murni dalam bentuk uang, melainkan juga branding di dunia internasional. Profil Brasil di dunia global akan mengubah persepsi buruk terhadap negara itu. Ini akan meningkatkan sektor pariwisata dan juga manfaat politik, juga kerja sama internasional.

Piala Dunia akan sama dengan iklan raksasa untuk Brasil dan kota-kotanya. Ini akan menampilkan mereka sebagai tempat yang nyaman untuk berinvestasi dan negara yang layak untuk dikunjungi.