Selasa , 25 Mar 2014, 16:15 WIB

Menanti Sinar Para Pemain Debutan

Red: Didi Purwadi
Paul Pogba
Foto Reuters/Giorgio Perottino

Paul Pogba

Oleh: Erik Purnama Putra

Pelaksanaan Piala Dunia 2014 diprediksi akan memunculkan bintang baru di lapangan hijau. Beberapa debutan diprediksi banyak pihak akan sanggup mencuri perhatian. Nama Neymar Junior, misalnya. Dia dinilai memiliki prospek besar untuk tampil menjanjikan di turnamen terakbar di jagat raya ini.

 

Selain akan tampil di depan publik sendiri, performa timnas Brasil juga semakin menjanjikan. Apalagi, mereka berstatus peraih juara Piala Konfederasi FIFA 2013 dengan menundukkan timnas Spanyol 3-0 di babak final.

Penyerang Barcelona tersebut juga meraih Golden Ball di ajang itu. Tidak heran, Neymar akan menjadi pemain kunci di bawah asuhan Luiz Felipe Scolari.

 

Optimisme Neymar

Mengemban beban berat untuk mengantarkan skuat Samba meraih trofi Piala Dunia keenam kalinya, mantan pemain Santos itu siap memikul tanggung jawab itu.

Menurut dia, bertanding di negara sendiri akan memberikan gairah luar biasa untuknya. Atmosfer itu juga diyakininya akan berimbas positif kepada rekan-rekannya, yang pasti tidak ingin mengecewakan rakyat Brasil.

 

“Setiap tim akan ke Brasil, akan berada di sana untuk menang, dan itu akan menjadi Piala Dunia sengit untuk diperebutkan,” ujar pemain berusia 22 tahun itu kepada FIFA.com belum lama ini.

“Semua tim sedang mempersiapkan dengan sangat baik, tapi saya yakin kami memiliki peluang bagus untuk mencapai final dan menjadi juara.”

 

Neymar tidak asal sesumbar. Soliditas Oscar dan kawan-kawan semakin padu. Merujuk di laga terakhir, mereka sanggup mengempaskan Afrika Selatan dengan skor 5-0. Eks pemain Santos itu menjadi bintang kemenangan dengan melesakkan hattrick.

 

Melihat penampilan impresifnya, ia optimistis mampu memimpin timnya meraih hasil maksimal di Piala Dunia ke-20 itu.

Dia juga termotivasi untuk membuat pencapaian besar di Piala Dunia kedua yang dihelat di negerinya. Hal itu sekaligus untuk memupus kenangan buruk di final Piala Dunia 1950 saat timnas Brasil dikalahkan Uruguay, 1-2.

 

“Saya gugup tentang hal itu, tapi mudah-mudahan saya bisa menangani kecemasan itu. Ini akan menjadi Piala Dunia yang hebat, terutama bagi kami,” kata pemilik 46 caps dan 27 gol di level internasional itu.

 

Hazard Jawab Keraguan

Timnas Belgia termasuk kandidat kuda hitam di Piala Dunia 2014. Selama kualifikasi, Rode Duivels tampil sangat menjanjikan dengan meraih delapan kemenangan dan dua kali seri.

Otak kreativitas permainan Belgia bertumpu pada Eden Hazard. Penampilan mengesankannya bersama Chelsea ternyata menular ke level timnas.

Hazard mengaku siap menjawab keraguan beberapa pengamat yang menilai tim asuhan Marc Wilmot itu tidak akan mampu berbicara banyak di Brasil. Pemain berusia 23 tahun itu bakal menjawab tantangan dengan bermain bagus di Piala Dunia perdananya.

 

“Kami memiliki banyak pemain yang dapat menangani tekanan. Kami memiliki pemain muda juga. Kami mengunakannya untuk tampil di tingkat tinggi di bawah tekanan,” ujar Hazard kepada The National.

 

Mantan pemain Lille itu menyatakan kesulitan luar biasa pasti akan menghampiri timnas Belgia. Tetapi, ia tidak gentar dan balik ingin mencuri perhatian khalayak ramai. Caranya adalah mengantarkan lebih dulu timnas Belgia lolos dari fase grup.

 

Dengan begitu, ia dapat membuktikan kapasitasnya tidak hanya semata besar bersama klub, melainkan pula di tingkat timnas. “Kami bukan favorit untuk Piala Dunia, tapi kami adalah favorit untuk Grup H,” kata Hazard.

 

Pogba Makin Bersinar

Peraih Golden Ball Piala Dunia 2013 U-20, Paul Labile Pogba, tidak luput digadang-gadang bakal semakin bersinar. Bakatnya yang semakin terasah bersama Si Nyonya Tua diharapkan berimbas ke timnas Prancis.

 

Tetapi, kendala yang dihadapinya adalah kekuatan timnas Prancis tidak terlalu diperhitungkan. Apalagi, Les Bleus lolos dengan terlebih dulu melewati fase playoff dengan menyingkirkan Ukraina 3-2. Karena itu, juara Piala Dunia 1998 itu harus tampil baik dengan mengubur kutukan bermain buruk di Piala Dunia 2010.

 

Duetnya bersama Yohan Cabaye di lini tengah diharapkan mampu membuat skuat asuhan Didier Deschamp berbicara banyak di Brasil. Pogba wajib berjuang keras membuktikan namanya layak mendapat sanjungan, seperti yang diterimanya ketika membela tim junior.

 

Perpaduan kekuatan, kualitas, dan kreativitas dalam mengolah bola membuat pemain berusia 20 tahun itu akan menjadi daya tarik bagi setiap orang yang melihatnya. Kalau mampu bermain di level tertinggi, bukan tidak mungkin dua atau tiga tahun ke depan, ia akan masuk ke dalam jajaran kandidat peraih Ballon d’Or.

 

Janji Costa

Nama Diego Costa juga tidak boleh dilupakan. Penyerang timnas Spanyol tersebut baru saja menjalani debutnya di laga uji coba kontra Italia. Meski tampil gugup, penampilannya dimaklumi pelatih Vicente del Bosque. Costa sepertinya tinggal menunggu waktu untuk dapat menunjukkan performa terbaiknya seperti ketika membela klubnya.

 

Bersama Atletico Madrid, mantan penggawa timnas Brasil itu melesakkan 21 gol dari 24 penampilan di La Liga Spanyol. Di sela semakin pudarnya ketajaman David Villa dan Fernando Torres, ia akan menjadi andalan La Furia Roja di lini depan untuk mempertahankan trofi yang direbut di Afrika Selatan pada empat tahun lalu.

 

Costa sudah memantapkan hati ingin mendedikasikan semuanya untuk Spanyol. Dia ingin mengharumkan Negeri Matador itu yang sudah memberinya kesempatan bermain.

“Semua yang telah saya capai dalam hidup telah diberikan untuk saya oleh negara ini. Saya sangat senang,” ujar pemain berusia 25 tahun itu.

Peluang Sturridge

Daniel Sturridge hampir dipastikan akan diboyong pelatih Roy Hodgson. Pencetak 18 gol dari 19 laga Liga Primer Inggris itu terus tampil konsisten sepanjang musim ini. Dia semakin mendapat kredit khusus setelah mencetak gol tunggal untuk membantu the Three Lions menundukkan Denmark di pertandingan persahabatan.

 

Pemain berusia 24 tahun itu tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tampil di Piala Dunia pertama dalam kariernya. Meski keputusan 23 pemain yang memperkuat timnas Inggris belum secara resmi diumumkan, ia siap berjuang ekstra keras meraih satu posisi dalam skuat.

 

“Tidak ada jaminan saya akan berada di pesawat (Brasil), tapi saya bekerja sekeras yang saya bisa untuk memastikan saya akan berada di sana. Adalah penting bahwa saya terus meningkat,” kata Sturridge.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
piala dunia 2014 pemain debutan piala dunia tim peserta piala dunia
Berita Terpopuler
Berita Lainnya