Sabtu , 21 Jun 2014, 21:41 WIB

Raumdeuter Mueller

Red: Didi Purwadi
Thomas Mueller
Foto Reuters/Mike Blake

Thomas Mueller

Oleh Adi Wicaksono

Raumdeuter, kata ini mendadak populer di Eropa, khususnya Jerman, pekan ini. Kegemilangan Thomas Mueller di panggung Piala Dunia 2014 adalah penyebabnya.

Torehan hattrick Mueller ke gawang Portugal pada laga perdana Grup G berkontribusi besar pada kemenangan fantastis Jerman 4-0. Kalangan pengamat berlomba-lomba menganalisis laga ke-100 Jerman di Piala Dunia tersebut.

Hasilnya, pergerakan Mueller yang rajin menjelajah seluruh sisi lapangan adalah kunci kemenangan tim Uber Alles.

Gaya bermain Mueller memang tergolong unik dibanding penyerang-penyerang lain dunia. Dengan gayanya itu, Mueller bisa bermain di seluruh posisi di lini serang.

Di level klub bersama Bayern Muenchen, pemain usia 24 tahun itu biasa bermain gelandang serang baik di tengah maupun kanan. Namun, ketika stok penyerang murni terbatas, Mueller tak canggung berperan sebagai ujung tombak.

Kecepatan, teknik, dan ketenangan adalah modal utama Mueller dalam mengoyak pertahanan lawan. Selain itu, kelebihan tak kalah penting dari Mueller adalah penempatan posisi.

Ketika ditanya tentang karakter bermain yang dia sukai, Mueller menjawab 'raumdeuter' alias penerjemah ruang. 

Mueller akan ditantang kembali menunjukkan kebolehannya membaca ruang dan pergerakan lawan ketika Jerman menghadapi Ghana, Ahad (22/6).

Kemampuan raumdeuter Mueller akan jadi andalan Jerman untuk lolos dari Grup G. Tambahan tiga poin dari Ghana akan cukup bagi Jerman untuk memastikan tiket ke babak 16 besar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas jerman joachim loew thomas mueller philipp lahm mesut oezil piala dunia 2014 piala dunia
Berita Terkait

RFEF Pastikan Masa Depan Del Bosque

01 January 1970, 07:00

Kisah Berbeda Duo Valencia

01 January 1970, 07:00

10 Fakta Laga Prancis vs Swiss

01 January 1970, 07:00
Berita Terpopuler
Berita Lainnya