Kamis 20 May 2010 19:25 WIB

Piala Dunia 1982: Kejayaan Catenaccio dan Si Oportunis Rossi

Rep: Arif S/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, Ada penambahan jumlah peserta dalam Piala Dunia 1982 di Spanyol. Jika selama ini jumlah peserta tak lebih dari 16 tim, kali ini FIFA mengubahnya menjadi 24 tim. Perubahan ini membuat jatah tim Afrika dan Asia-Pasifik menjadi bertambah.

Sekalipun menjadi tuan rumah, ternyata itu tak membuat prestasi kesebelasan Spanyol  bersinar. Mereka tertatih-tatih untuk bisa lolos ke putaran kedua yang menyisakan 12 kesebelasan dan terbagi lagi ke dalam empat grup.

Hanya menang sekali 2-1 atas Yugoslavia, ditahan Honduras 1-1, dan kalah 0-1 dari Irlandia Utara, sungguh bukan prestasi yang memadai untuk Spanyol yang nama besarnya di kancah sepak bola begitu menggema. Di putaran kedua, Spanyol pun tersingkir oleh Jerman Barat.

Kejutan besar ditorehkan Italia. Berangkat ke Spanyol dengan compang-camping lantaran kasus suap atas beberapa pemain intinya, tim Azzuri justru menemukan permainan terbaiknya. Di penyisihan grup, Italia nyaris tersingkir. Tiga kali berlaga dan hanya membawa hasil seri: lawan Polandia 0-0, lawan Peru 1-1, dan bertemu Kamerun 1-1.