Selasa , 24 Jun 2014, 12:34 WIB

Kans Lolos Atau Tidaknya Kontestan Grup E Piala Dunia 2014

Rep: C84 / Red: Citra Listya Rini
Striker Timnas Swiss, Haris Seferovic, melepaskan tembakan menjebol gawang kiper Ekuador, Alexander Dominguez, dalam laga Grup E Piala Dunia 2014 di Stadion Nasional, Brasilia, Ahad (15/6).
Foto Reuters/David Gray

Striker Timnas Swiss, Haris Seferovic, melepaskan tembakan menjebol gawang kiper Ekuador, Alexander Dominguez, dalam laga Grup E Piala Dunia 2014 di Stadion Nasional, Brasilia, Ahad (15/6).

REPUBLIKA.CO.ID,  Laga pertama dan kedua penyisihan Grup E Piala Dunia 2014 telah berlangsung. Ada yang sudah memastikan diri lolos atau pulang, ada juga yang harus menunggu hingga hasil pertandingan terakhir.

Hitung-hitungan siapa yang akan lolos ke babak 16 besar akan menjadi lebih rumit bila terjadi kesamaan poin. Selisih gol dari tim yang memiliki jumlah poin yang sama akan menjadi penentunya.

Berikut hitung-hitungan lolos atau tidaknya tim di Grup E Piala Dunia 2014 seperti dikutip Goal:

- Swiss

Negara yang berada di posisi enam peringkat FIFA ini berada dalam posisi sulit dengan modal satu kemenangan dan satu kekalahan. Keunggulan lebih dari tiga gol atas Honduras dibutuhkan apabila Swiss ingin melampaui selisih gol Ekuador, jika rival mereka tersebut juga menang atas Prancis.

Namun, jika Les Bleus mampu memaksa Ekuador tidak dapat meraih poin penuh, maka kemenangan berapapun yang diraih Swiss tidak akan masalah. Sementara hasil imbang juga masih bisa mengantar Swiss ke babak berikutnya dengan catatan Ekuador tumbang dari Prancis.

Jika kalah, posisi Swiss malah bisa terancam oleh Honduras, tetapi peluang lolos tetap ada seandainya mereka kalah tipis dan Ekuador dibantai Prancis.

- Ekuador

Selisih gol yang lebih baik dari Swiss membuat Ekuador sementara duduk di posisi kedua Grup E. Melawan Prancis pada matchday terakhir membuat Ekuador tidak dalam posisi menguntungkan. Kemenangan kemungkinan besar membuat mereka lolos ke babak selanjutnya, dengan catatan Swiss tidak menang lebih dari tiga gol atas Honduras.

Sementara hasil imbang atau kalah juga masih bisa mengantar mereka ke 16 besar dengan catatan Swiss juga meraih hasil yang sama dengan mereka yaitu imbang atau kalah ketika melawan Honduras. Hanya saja negara terakhir yang disebut tidak boleh menang besar.

- Prancis

Timnas Prancis memiliki peluang paling besar di grup ini setelah mengoleksi dua kemenangan di laga awal. Ayam Jantan hanya butuh menghindari kekalahan telak kala menghadapi Ekuador untuk memastikan tempat di babak 16 besar.

- Honduras

Kemenangan telak menjadi harga mati bagi Honduras sambil berharap Prancis mampu menaklukkan Ekuador. Bila dihitung secara kasar, Honduras membutuhkan kemenangan 3-0 atas Swiss dan itu akan cukup mengantar mereka lolos ke babak 16 besar jika Prancis membekuk Ekuador dengan skor 1-0.

Klasemen Grup E :

Perancis 2 2 0 0 (8-2) 6

Ekuador 2 1 0 1 (3-3) 3

Swiss 2 1 0 1 (4-6) -2

Honduras 2 0 0 2 (1-5) -4

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
timnas prancis les bleus didier deschamps pemain prancis skuat timnas prancis
Berita Terkait

10 Fakta Laga Prancis vs Swiss

01 January 1970, 07:00

Deschamps Puji Benzema

01 January 1970, 07:00

Deschamps: Tim Ini Seperti 1998

01 January 1970, 07:00
Berita Terpopuler
Berita Lainnya