Kamis 03 Jun 2010 02:08 WIB

Landon Donovan (AS): Pemain Terkomplit Milik 'Paman Sam'

Rep: Agung Sasongko/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, Tak dipungkiri, Landon Donovan merupakan mutiara langka dari sepinya industri sepakbola Amerika Serikat (AS). Betapa tidak, pemain kelahiran 4 Maret 1982 itu mampu menempati berbagai posisi mulai dari striker, gelandang serang, pemain sayap hingga second striker.

Maka tak heran, AS begitu mengandalkan dirinya pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. 'Lando' merupakan produk asli akademi sepakbola yunior AS yang dikenal dengan nama The US Youth Soccer's Olympic Development Program.

Sebelum industri sepakbola AS dibangun, ia hijrah ke Jerman pada usia 17 tahun guna bergabung dengan Bayer Leverkusen. Sayangnya, karier Donovan tidak cemerlang sehingga akhirnya ia kembali ke AS dan bergabung dengan klub MLS, Liga Sepak Bola AS, San Jose Earthquakes dan kini ia menjadi andalan tim MLS lainnya, Los Angeles Galaxy.

Kiprahnya bersama timnas AS begitu mengesankan. Semenjak ambil bagian dari Piala Dunia U-17 tahun 2009 dan melakukan debut senior tahun 2000, ia langsung mencetak gol ke gawang Meksiko yang nobene musuh utama AS di Amerika Utara. Pada Piala Dunia 2002 Korsel-Jepang, Donovan menyabet pemain muda terbaik, dan kini ia  menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah timas AS dengan torehan 42 gol dalam 120 penampilannya.

Sejumlah pengamat menyebutkan seharusnya Donovan mampu membawa AS ke taraf yang lebih baik. Namun mereka menilai dengan sinis bahwa Donovan selalu menyimpan permainan terbaiknya untuk turnamen besar. Tentu, Donovan wajib menjawab penilaian sinis itu dengan menunjukan permainan terbaiknya.

Apalagi, AS berpeluang lolos dari Grup C ke babak kedua. Syaratnya, AS harus mampu mengatasi Slovenia dan Aljazair, kemudian menahan laju Inggris.

Khusus laga melawan Inggris, pertandingan itu tentu sangat ditunggu pecinta sepak bola. Pencinta bola tentu belum lupa perseteruan antara Donovan dengan mantan kapten timnas Inggris, David Beckham. Menurut Donovan, Beckham tidak serius bermain dan tidak berniat memajukan sepak bola AS.

Semenjak itu, Donovan tidak lagi mengganggap Becks sebagai temannya. Sayang, Donovan tidak menghadapinya di lapangan. Pasalnya, David Beckham mengalami cedera parah saat membela AC Milan dan kini Becks menjadi asisten pelatif Inggris, Fabio Capello.

Menarik ditunggu, instruksi apa yang bakal diberikan Becks kepada pemain 'the Three Lions' guna menghadang Donovan dan sebaliknya, penampilan seperti apa yang bakal ditunjukan Donovan kepada Beckham. Ingat, Donovan sangat mengenal kultur sepak bola Inggris, setelah musim ini dipinjamkan ke klub Inggris, Everton.

sumber : Berbagai sumber
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement