Jumat 04 Jun 2010 05:52 WIB

Shane Smeltz (Selandia Baru): Dambakan Cetak Gol Perdana

Rep: Agung Sasongko/ Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, Tak ada yang menyangka, setelah 28 tahun menanti,  tim semenjana Selandia Baru akhirnya mampu menginjakkan kaki kembali di ajang Piala Dunia. Tak tanggung-tanggung, tim berjuluk 'All Whites' ini hadir di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan yang notabene merupakan era sepakbola modern yang identik dengan persaingan ketat dan kompetitif.

Sayangnya, Selandia baru hadir melalui sebuah kompetisi yang jauh dari kompetitif dan ketat. Itu karena pesaing mereka pasca Australia hengkang ke Asia, hanya Kepulauan Fiji. Namun, jangan anggap remeh tim ini.

Pembangunan kultur sepakbola modern yang konsisten di negara ini menghadirkan talenta-talenta mumpuni macam Ryan Nielsen (Blackburn Rovers, Inggris) dan Shane Smeltz, pemuda keturunan Jerman yang kini membela Gold Coast United di Liga Australia.

Khusus Shane Smelzt, Striker ini memiliki penampilan menjanjikan di Afrika Selatan. Smeltz, yang kelahiran Goppingen, Baden Wurttenberg, Jerman 29 Sepetember 1981, ini merupakan striker yang berbahaya di Liga Australia, A-League.